Palembang - Sebanyak 37 Ketua Rukun Tetangga (RT) di Kelurahan 20 Ilir D IV Kecamatan Ilir Timur I Palembang resmi dilantik, Selasa (15/8) di halaman Rusunawa Jalan Kasnariansyah RT 14 Kelurahan 20 Ilir. Pelantikan ini ditandai dengan penyerahan Surat Keputusan (SK) oleh Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda kepada para ketua RT tersebut.

Dia mengatakan tugas yang diemban oleh Ketua RT adalah amanah untuk memajukan Kota Palembang. Terlebih, di Palembang akan banyak agenda besar yang dilaksanakan di kota ini. Karena itu, seluruh pihak harus perpartisipasi dalam mesukseskan perhelatan kelas dunia ini 
 
"Tahun depan Asian Games, sekaligus akan dilaksanakan Pemilihan Kepada Daerah (Pilkada)," sebutnya.
Menurutnya, Kota Palembang tidak mungkin akan  terpilih menjadi tuan rumah Asian Gemas 2018, jika kotanya kotor, dan tidak aman. "Ini kerja keras kita semua termasuk bapak dan ibu ketua RT semuannya. Ke depan kota kita jadi kota internasional tapi tetap jadi Kota Palembang Darussalam. Sebab dari sekian banyak kota di Indonesia hanya dua kota yang terpilih, yakni Jakarta dan Palembang," ungkapnya.
 
Sehingga, ia berharap kapada Ketua RT yang dilantik, dapat bekerjasama atau bersinergi dengan Pemerintah Kota Palembang untuk mewujudkan misi misi Palembang EMAS, dengan memberikan masukan kepada pemerintah.
 
Selain itu, jelang HUT Republik Indonesia ke-72 menjadi motivasi kita untuk lebih semangat mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang bermanfaat. Dia pun mengajak masyarakat unuk menjaga persatuan dan  kesatuan demi memajukan bangsa ini, 
Serta,  dalam kegiatan itu dilaksanakan penyerahan Kartu Keluarga (KK) untuk masyarakat setempat.
 
Serta digelar pula pelayanan kesehatan oleh Puskemas Talang Ratu, pelayanan BPJS Kesehatan, dan pelayanan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil untuk pembuatan Akta Kelahiran, Akta Kematian hingga perekaman data KTP.
"Saya senang sekali masyarakat sudah dapat KK dan KTP hari ini.  Ke depan kami Pemerintah Kota Palembang akan terus berusahan  memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat," ucapnya.
 
Sementara, Camat Ilir Timur I, Agus Rizal mengatakan sesuai dengan Peraturan Daerah Kota Palembang Nomor 8 Tahun 2007 tentang Pembentukan RT dan RW masa jabatan RT/RW selama tiga tahun.
Tetkait hal ini, sambung Rizal, sebelumnya telah dilakukan pemelihan  RT secara langsung,  dan terpilih 37 Ketua RT yang lantik saat ini.
 
"Dari 46 Ketua RT, yang dilantik hari ini 37 Ketua RT, sedangkan sisanya, 9 Ketua RT belum habis masa jabatannya," jelas dia.
Diterangkan dia, RT merupakan organisasi kemasyarakatan yang dibina oleh pemerintah daerah  untuk mendukung program pemerintah daerah.
"Pemerintah Kota Palembang punya visi dan misi Palembang Emas,  RT/RW harus mendukung agar dapat terwujud, dan Program Pemerintah bisa sampai ke masyarakat karena  RT dan RW adalah corong pemerintah, serta melalui peran RT dan RW aspirasi masyarakat dapat terserap," jelasnya.
 
Tak heran,  jika orang-orang yang terpilih menjadi Ketua RT/RW merupakan orang-orang yang memiliki, jiwa sosial tinggi, ditokohkan dan mengayomi masyarakat. 
"Saya lihat orang-orang ini yang terpilih ini ditokohkan, berjiwa sosial dan memiliki kepedulian tinggi untuk memajukan Kota Palembang," sebutnya.
 
Sedangkan untuk penyerahan KK, disebutkan Agus Rizal, ada 32 KK dari 40 berkas yang diajukan. "Sisanya syaratnya belum lengkap," ucapnya.
 
Dengan penyerahan KK ini, dia berharap ke depan tidak ada lagi warga yang tidak memiliki KK. Karena itu bagi warga baru harus segera melapor. "Di Indonesia KK itu wajib," ungkapnya.