Palembang - Tugu Belido yang akan menjadi salah satu ikon Kota Palembang kini sudah dalam tahap perampungan sekitar 90 persen. Pemasangan yang berada di Plaza Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang, diperkirakan akan selesai dalam satu minggu ini. Saat ini pihak Pemkot Palembang masih menyelesaikan polesan ornamen songketnya saja.

"Saat ini kami hanya menyelesaikan ornamen songketnya saja, dan kira-kira satu minggu lagi akan selesai dan masyarakat akan melihat icon Palembang yang baru yaitu tugu belido," ungkap Kepala Dinas Kebudayaan Kota Palembang, Sudirman Tegoeh, Senin (14/8).
 
Ia menjelaskan, sampai saat ini pihaknya juga rutin melakukan test pompa air yang nantinya akan mengalir dari mulut tugu ikan belido ke sungai musi.
 
"Launchingnya nanti bulan September yang akan dilakukan oleh Orang nomor I RI. Sejauh ini tidak ada kendala dalam menyelesaikan pembangunan Tugu Ikan Belido. Kami akan menyelasaikan secepat mungkin," terangnya.
 
Selain itu, lanjutnya, bersamaan dengan launching tugu ikan belido Presiden RI Joko Widodo juga akan melaunching gerakan satu juta gotong royong, sekanak kerihin, pemekaran kecamatan, dan robot asian games.
 
"Nanti Presiden juga akan melaunching songket terpanjang yaitu 218 meter tanpa sambungan dari Hipmi Kota Palembang, nantinya songket ini akan dihiasi dengan 109 motif songket dan akan memegang rekor songket terpanjang di dunia," pungkasnya.