Palembang - Parkir wisata Pedesterian Sudirman di Jalan Sudirman, mulai Jumat dan Sabtu malam gratis. Pedesterian Sudirman adalah salah satu kawasan wisata Palembang yang favorit saat ini. Tiap Jumat dan Sabtu malam, tempat wisata ini dipenuhi oleh para pengunjung. Beragam pentas seni yang ditampilkan di kawasan ini. Kepala Dinas Perhubungan Kota Palembang, Kurniawan, bahwa perparkiran kawasan wisata Pedesterian Sudirman yang ditempatkan di kawasan Kolonel Atmo, digratiskan, khususnya bagi para wisatawan. “Untuk wisatawan Pedesterian Sudirman semuanya gratis parkir mulai Jumat malam, (11/8),” katanya.

Penggratisan parkir ini berlaku selama pentas seni di Pedesterian Sudirman berlangsung saja setelahnya  bayar parkir kembali pada tarif awal berdasarkan Perda No 11 tahun 2016, tarif parkir motor seribu perak dan mobil dua ribu perak.

meskipun gratis, kendaraan akan dijaga oleh Juru Parkir (Jukir) juga di didampingi Dishub di lapangan.. “Kita coba dulu gratiskan, kendalanya apa di lapangan akan dievaluasi,” ujar Kurniawan.

Dengan digratiskannya parkir tersebut, dinilai hal tersebut gak akan merugikan Pendapatan Asli Daerah (PAD) ataupun Jukir. Sebab, dengan digratiskannya akan mengurangi jumlah setoran Jukir di kawasan itu. “Jika mereka tidak menarik uang parkir, jadi mereka tidak mesti menyetorkan retribusi parkir. Kedepan para Jukir di Pedesterian pun akan dibedakan dengan diberi seragam khusus,” tukasnya.

Walikota Palembang, Harnojoyo mengatakan, dengan dilaunchingnya parkir gratis ini diharapkan masyarakat yang berkunjung di kawasan Sudirman merasa nyaman, gak dibebani dengan tarif parkir yang dipungut sembarangan oleh oknum Jukir. “Jadi parkir di sepanjang pedestrian Sudirman pada Jumat malam dan Sabtu malam itu digratiskan. Ini sebagai bentuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Palembang. Tapi bukan itu saja, ini juga mengingat yang datang disana bukan hanya warga lokal tapi juga warga luar,” ujarnya.