Palembang - Selain berlapis Perak Pondasi Tugu Belido di Benteng Kuto Besak juga dipasang ornamen bermotif songket Palembang. Menurut Project Manager Pembangunan Tugu Belido, Stephanus Alvin, dipilihnya ornamen songket untuk menampilkan kekhasan Kota Palembang. Songket adalah salah satu kerajinan asli daerah ini. “Secara umum, pembangunan sudah mencapai 95 persen. Tinggal finishing, mengecat dan mengukir fondasi,” ujar Alvin, Selasa (8/8/2017).

Ia juga mengatakan, sebelumnya, Tugu Belido seharusnya berdiri dengan ketinggian 9 meter. Namun, karena ada perubahan dari Pemkot Palembang akhirnya tinggi tugu mencapai 5 meter dengan panjang 12 meter.

“Sekarang kita masih mengerjakan motif  Pondasi dan melapisi ikan dengan perak.”

Alvin mengatakan tugu ditopang 12 tiang dari sebelumnya hanya empat. Tapi, setelah itu ada perubahan sesuai kajian bersama tim Unsri untuk menambah lebih banyak Pondasi agar lebih kuat. Karena tubuh ikan belido ini dari bahan dasar baja yang berat. Sementara itu, untuk semburan air dari pompa 50 meter, tetapi dari mulut sampai ke sungai hanya 20 meter.

“Hitungannya jadi 50 meter dari sirkulasi menarik air dari Sungai Musi dan menyemburkan kembali,” ujar Alvin.

Pembangunan Tugu Belido terus dikebut. Rencananya ikon baru wisata di Kota Palembang ini, akan Segera dilaunching pada 13 Agustus mendatang.

Alvin menambahkan, karena pembangunan tugu ini dari dana corporate social responsibility (CSR) PTBA sebesar Rp 3,3 miliar, maka nanti di tugu juga akan dibuat lambang PTBA.

Wali Kota Palembang, Harnojoyo, berharap dengan adanya tugu belido ini diharapkan menjadi ikon baru wisata untuk Kota Palembang. (*)