Palembang - Penghargaan demi penghargaan terus menghampiri Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang. Belum selesai euforia atas empat penghargaan lingkungan hidup kemarin siang, Walikota Harnojoyo kembali mendapat penghargaan secara personal.

Orang nomor satu di Palembang itu didapuk sebagai salah satu pembina kampung iklim terbaik. Melalui penghargaan yang kembali diberikan oleh Menteri Negara lingkungan Hidup, Siti Nurbaya di Gedung Manggala Wanabakti tadi malam (3/8), Harnojoyo dinilai berhasil membina kampung ramah lingkungan.
"Penghargaan ini menjadi motivasi untuk menciptakan kampung kampung proklim berikutnya. Walikota Palembang H. harnojoyo diapresiasi karena peran dan fungsinya sebagai Kepala Daerah yang konsiaten mendukung pelaksanaan kampung proklim" kata Kadis Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Palembang, Faisyal AR, yang mewakili Walikota dalam menerima penghargaan tadi malam.
Ia mengatakan, proses panjang dilakukan dalam pembinaan kampung iklim tersebut. Tak hanya pemerintah setempat, melainkan pula melibatkan masyarakat. Sehingga, dengan konsistensi dan pengawasan, kampung iklim Kelurahan 2 ilir, mampu menyabet satu dari empat penghargaan yang diterima kota Palembang, selain Adipura, Adiwiyata Mandiri untuk SMP Negeri 17, dan Taman Kota Terbaik.
"Para pemerintah setempat seperti camat dan lurah dikawasan lain, juga harus bersemangat. Dengan program gotong royong yang dilakukan oleh Walikota dan Ibu Wawako selama ini menjadi sinergi dengan kampung iklim. Kampung yang ramah lingkungan, bersih dan sehat. Sehingga bisa dipastikan jika kita semua sadar akan lingkungan, maka bakal tercipta kampung kampung iklim selanjutnya di Palembang,"pungkas katanya.