Palembang - Hari pertama pasca cuti bersama hari raya Idul Fitri 1438 hijriah, Walikota Palembang H. Harnojoyo, Minggu ( 9/7/2017) kembali melakukan aktifitas gotong royong anak Sungai Musi.

Kegiatan gotong royong yang dipusatkan di anak Sungai Buah Lorong Yayasan II Tanjung Kates Rt 35 Rw 14 Kelurahan II Ilir Kecamatan Ilir Timur (IT) II. Orang nomor satu di Kota Palembang ini, tidak ingin ada laporan penyakit eksim (kulit) membanjiri Puskesmas hanya lantaran disebabkan kaki anak-anak terendam akibat luapan anak sungai.

"Alhamdullilah kegiatan gotong royong hari ini kembali ramai,"kata Harnojoyo.

Dari laporan masyarakat kata Harnojoyo kawasan tersebut kerap dilanda genangan air setinggi lutut orang dewasa.

Menurut laporan warga ini saluran air tersumbat dan tidak adanya penampungan air ujar Harnojoyo. "Jadi ada masyarakat yang ingin dibangunkan kolam retensi maka harus ada sebagian tanah untuk dibangunkan kolam sebagai kolam untuk penampungan air," tegasnya.

Kegiatan gotong royong yang sudah berjalan selama empat tahun ini, sambungnya tidaklah berat jika dilakukan secara bersama dan berkomitmen untuk menjaga lingkungan dengan cara tidak membuang sampah sembarangan.

"Kita harus konsisten untuk menjaga kebersihan lingkungan," katanya lagi.

Bahkan untuk menjaga konsentensi gotong toyong terus terlaksana setiap hari minggu ini, Harnojoyo lebih mementingkan aktifitas rutin tersebut dan menundak kegiatan lainnya.

"Terkadang kita membatalkan kegiatan lain jika hari dan jamnya bersamaan dengan kegiatan gotong royong agar bisa membersihkan anak sungai," ungkapnya.