Palembang - Kebakaran terjadi di Lorong H Husin, kawasan 26 Ilir, Kelurahan Talang Semut, Kecamatan Bukit Kecil, Palembang, Rabu (10/5/2017). Kebakaran yang terjadi sekitar pukul 08.00 WIB itu menghanguskan satu rumah warga, atas nama Ishak, yang bekerja di kantor Kelurahan Talang Semut. Informasi di lapangan, api berasal dari salah satu kontrakan di bawah rumah tersebut. Rumah milik Ishak ditempati enam kepala keluarga. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu.

Wali Kota Palembang Harnojoyo langsung meninjau lokasi kebakaran. Ia segera menginstruksikan aparat kelurahan, kecamatan dan organsisasi perangkat daerah terkait segera menindaklanjuti kondisi darurat bagi korban kebakaran.

“Saya minta agar mereka membantu untuk memenuhi dulu kebutuhan korban kebakaran. Seperti kebutuhan tenda dan makanan, dapur umum,” ujar Harnojoyo, kepada wartawan.

Korban kebakaran juga akan diberikan dana santunan sebesar Rp 2.750.000 per kepala keluarga. “Itu sudah menjadi hak mereka,” kata Harnojoyo.

Ia berharap korban kebakaran bisa bersabar menghadapi musibah ini. “Harus bersabar. Mungkin ada hikmah dari musibah ini.”

Harnojoyo juga mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dan waspada akan segala hal yagn berpotensi menyebabkan kebakaran.

Lurah Talang Semut, Darwani, mengatakan, Pemkot Palembang atas perintah Wali Kota sudah menyiapkan beberapa bantuan tanggap darurat berupa tenda dan makanan.

“Tadi ada juga beberapa bantuan yang datang, dari Muhammadiyah dan masyarakat. Kita akan segera dirikan tenda posko darurat,” ujar Darwani.

Apa penyebab kebakaran belum bisa dipastikan. “Tadi ada yang bilang karena api obat nyamuk bakar. Tapi itu belum dapat dipastikan, karena masih menunggu olah TKP dari kepolisian,” kata Darwani.

Ishak, pemilik rumah yang terbakar, itu juga tidak tahu pasti penyebab kebakaran. Tapi, informasi mengatakan api berasal dari salah satu rumah kontrakan.

“Saat saya datang api sudah besar. Saya tidak mengetahui secara pasti, karena saat kejadian saya sedang kerja.” (*)