Palembang - Pemerintah Kota Palembang melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PU PR) akan memperbaiki Jalan HBR Motik di Kelurahan Karya Baru, Kecamatan Alang-Alang Lebar. Jalan ini banyak yang retak dan berlubang. Di sebagian sisi kiri, jalan juga amblas karena dikeruk. “Segera kita perbaiki. Kondisi jalan bisa membahayakan pengendara yang melintas,” ujar Wakil Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda, saat meninjau jalan itu, Kamis (27/4/2017).

Jalan HBR Motik kerap dilintasi kendaraan bertonase besar milik perusahaan yang beroperasi di jalan itu.

Karena itu, Fitrianti mengatakan ke depan Pemkot akan mengajak perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Jalan HBR Motik duduk bersama membahas soal perawatan jalan.

“Kita imbau kepedulian mereka dan mencari solusi bagaimana agar jalan ini tetap terawat dan tidak membahayakan para pengguna jalan lainnya. Kita imbau para perusahaan ini melalui program CSR mereka,” ujar Fitrianti.

Ia juga mengingatkan pengendara yang melintas di Jalan HBR Motik untuk berhati-hati dan tidak ngebut, karena banyak lubang.

Sementara itu, Kepala Dinas PU PR Kota Palembang, Saiful, mengatakan, perbaikan Jalan HBR Motik akan dimulai tahun ini.

“Sudah kita desain, kita laksanakan tahun ini juga. Setelah desain selesai sekitar bulan Juni. Dana pembangunannya Rp 6 miliar dari dana alokasi khusus (DAK),” Saiful menyebutkan.

Ia menjelaskan, Jalan HBR Motik perlu tembok penahan jalan agar tidak longsor . Sebabnya, sisi kiri kanan jalan amblas karena dikeruk. Perbaikan saja akan percuma tanpa tembok penahan jalan.

Ditanya soal jalan yang rusak karena dampak pembangunan Light Rail Transit (LRT), Saiful mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan Balai Besar Jalan Nasional dan Waskita Karya sebagai kontraktor untuk memperbaiki jalan seperti semula.

“Kadang-kadang kita lihat yang mana bakal menyebabkan kecelakaan,  kita tidak lihat skup, tapi utama keselamatan,” ujar Saiful pula. (*)