Palembang - Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda mengimbau perusahaan yang beroperasi di kota ini memperhatikan dan memenuhi hak-hak pekerja, terutama perhatian lebih terhadap tenaga kerja perempuan. Fitri berkesempatan untuk mengunjungi perusahaan Indofood Sukses Makmur (TBK) Palembang di Jalan HBR Motik KM 8 Kelurahan Karya Baru Kecamatan Alang-Alang Lebar (AAL), Kamis (27/4).

Finda, sapaan akrabnya menegaskan, di lingkungan PT Indofood ini ada lebih kurang 900 orang karyawan baik yang sudah berstatus karyawan tetap dan karyawan kontrak. Adapun mayoritasnya pekerja dalam perusahaan tersebut adalah perempuan. Oleh karena itu hak-hak dari tenaga kerja wanita ini harus dipenuhi oleh perusahaan.

"Intinya pihak perusahaan ada kebijakan dengan hak-hak tenaga kerja perempuan. Maka dari itu hak-hak dari tenaga kerja perempuan harus dipenuhi oleh perusahaan," tegasnya.

Branch Manager PT Indofood Sukses Makmur Palembang, Diki Irawan, mengatakan, perusahaannya sudah menjalankan aturan pemerintah terkait ketenagakerjaan.

“Fasilitas kita sediakan. Penerapan gaji sesuai standar upah minimum kota. Untuk pekerja wanita ada cuti selama tiga bulan. Satu bulan setengah untuk cuti hamil, dan satu bulan setengah untuk cuti melahirkan,” ujar Diki.

Dalam kunjungannya ke pabrik mi instan terbesar di Palembang ini, Finda memantau produksi kemasan mi instan langsung di ruang produksi yang mayoritas dipenuhi tenaga kerja perempuan.

Bukan hanya itu, tujuan kedatangan Fitri secara umum guna mengetahui proses pengolahan, sarana dan prasarana keamanan, hak-hak tenaga kerja, dan juga kelengkapan dan ketersediaan sistem pengolahan limbah.

 “Disini tempat pengolahan limbahnya sudah cukup baik. Tempat penampungan limbahnya juga cukup baik dan memenuhi standar. Bahkan disediakan juga klinik untuk karyawan yang pada saat bekerja dalam keadaan kurang sehat,” jelasnya.