Palembang - Dua program unggulan Pemerintah Kota Palembang, yakni sholat shubuh berjamaah setiap hari dan gotong royong setiap pekan, mendapat apresiasi dari orang nomor satu di Indonesia. Apresiasi dari orang nomor satu di Indonesia ini diberikan seusai Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2017 di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Rabu (26/4/2014).

“Saya sangat mengapresiasi program safari sholat subuh setiap hari dan program gotong royong yang sudah banyak menghidupkan kembali anak sungai yang hampir hilang, apa lagi nantinya kota Palembang akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018,” ujar Presiden Joko Widodo, usai membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2017 di Hotel Bidakara, Jakarta.

Musrenbangnas 2017 yang digelar oleh Kementerian PPN/Bappenas ini, merupakan forum koordinasi antar kementerian/lembaga, dan antara pusat dan daerah demi mewujudkan sinergi perencanaan pembangunan dengan keluaran RKP 2018, yang dilaksanakan dari 26 April hingga 9 Mei 2017.

Dalam Musrenbangnas ini, setiap prioritas nasional, program prioritas dan proyek prioritas beserta lokasinya akan dibahas bersama antara kementerian/lembaga dengan pemerintah provinsi.

Jokowi juga menyebutkan, cukup 3 program prioritas saja yang ditetapkan dalam kurun waktu setahun anggaran. Namun bila para pimpinan merasa sulit, maka diperbolehkan punya lima program prioritas.

“Di bawah tiga lebih baik, kalau masih sulit juga di bawah lima. Cukup. Jangan semuanya jadi prioritas. Ini kebiasaan kita. Ini rutinitas yang mengulang-ulang. Saya lihat hampir semua daerah, APBD saya baca, APBN saya baca,” tegasnya.

Acara dibuka langsung Presiden RI Joko Widodo dan dihadiri pimpinan lembaga tinggi negara, para menteri dan kepala lembaga pemerintah non kementerian, para gubernur, dan para bupati/walikota. (*)