Palembang - Pemkot Palembang melepas 16 peserta Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Tahun 2017 perwakilan 16 kecamatan se-kota Palembang, guna mengikuti lomba STQ di Pondok Pesantren ( Ponpes) Qodratullah, Kabupaten Banyuasin, Senin (24/4). Belasan peserta ini merupakan peserta terpilih karena akan bersaing dengan peserta se-Sumsel.

Dalam hal ini, Pemkot Palembang terus menggalakkan kegiatan-kegiatan islami .Seperti sholat shubuh berjamaah setiap hari.

Walikota Palembang Harnojoyo bahkan berkeliling dari satu masjid ke masjid lainnya, dari satu musholla ke musholla lainnya, untuk menggalakkan kembali sholat Shubuh berjamaah di masjid.

Menurut Harnojoyo, budaya membaca Al-Quran ini sejalan dengan program Shubuh berjamaah yang tengah ia jalankan. Nantinya, jawara yang terpilih akan mendapat hadiah umroh dan uang saku.

“Jadi, ayo berkompetisi dan berlomba-lomba dalam mengejar akhirat. Harumkan nama kota Palembang dan Provinsi Sumsel,” dorongnya.

Kasubag Agama dan Sosial Pemkot Palembang, Ilyas mengatakan, peserta STQ Kota Palembang yang berangkat berjumlah 32 orang, yang terdiri dari 16 orang sebagai peserta, dan enam orang pelatih serta 10 orang lainnya merupakan tim offisial atau pendamping dari Kementrian Agama Provinsi Sumsel dan Kota Palembang.

Adapun kategori perlombaan yang diikuti yakni kategori Hafalan Juz Tilawah Anak, Tilawah Dewasa, dan Tafsir Bahasa Arab.

“Para peserta sudah mendapat pelatihan dan bimbingan dari pelatih terbaik kita sebelum dikirim ke ajang STQ 2017 ini,” ungkapnya.