Palembang - Wali Kota Palembang, Harnojoyo, menghadiri Peringatan Haul Asy-Syeikh Kiai Abdul Hamid bin Asy-Syeikh Kiai Masagus H Mahmud atau Kiai Muara Ogan (Kiai Marogan) ke 116, di Masjid Kiai Marogan Jalan Kiai Marogan Kertapati Palembang, Minggu (16/4). Harnojoyo mengajak masyarat Islam di Palembang untuk meneladani Kiai Marogan. “Kegigihan beliau dalam berdakwah, akhlaknya, nilai perjuangannya, patut kita contoh.”

“Pemkot Palembang terus berjuang dan meneruskan tindak tanduk perbuatan beliau. Seperti setiap subuh memakmurkan masjid. Kita sudah setahun lalu shalat subuh berjamaah,” ujar Harnojoyo pula.

Disebutkan dia, jika saat ini program shalat subuh berjamaah berjalan di 16 kecamatan se-Palembang, ke depan ke 107 kelurahan, bahkan hingga ke RT dan RW yang shalat subuh berjamaah.

Harnojoyo mengatakan, selain shalat subuh, safari Jumat, safari Ramadan, program sejuta Al Quran, pembinaan qori-qoriah, dan program umroh untuk masyarakat, adalah beberapa upaya Pemkot Palembang mewujudkan visi Palembang Madani.

Harnojoyo mengatakan pula, saat ini terdapat 1.800 masjid dan mushola yang tersebar di Kota Palembang, dan semua masjid ini harus dimakmurkan dengan kegiatan-kegiatan keagamaan, sebagaimana yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Ketua Panitia Dzikir dan Haul Kiai Marogan, Rozak, mengatakan, ada beberapa kegiatan dalam haul ke 116 Kiai Muara Ogan.

Antara lain, silaturahmi thoriqoh se-Sumsel, bakti sosial donor darah, dzikir, seminar tentang pembangunan ekonomi umat, napak tilas Kiai Marogan. (*)