Palembang - Jelang Asian Games 2018 Direktorat Lalulintas (Dirlantas) Polisi Daerah (Polda) Sumsel melaunching 10 program terobosan kreatif, Minggu (9/4/17) di Kambang Iwak. Program ini diluncurkan guna mendukung pelaksanaan pesta olahraga empat tahunan tersebut. "Tahun depan kita tuan rumah Asian Games kita perlu meningkatkan budaya tertib lalu lintas di wilayah Palembang," kata Dirlantas Polda Sumsel, Komisaris Besar Polisi, R Slamet Santoso usai acara tersebut.

Maka ia berharap,  dengan terobosan itu, baik berbasis Informasi dan Teknologi, atau manual dapat bermanfaat untuk masyarakat, sehingga masyarakat lebih tertib berlalu lintas,  kecelakaan  bisa menurun, dan korban fatalitas korban kecelakaan lalu lintas bisa menurun.


Disebutkan Slamet, 10 program tersebut, antara lain meliputi, Klik Traffic, Siapo, Simade, Pasti, Pengamanan Setiap Tempat  Ibadah, Blue Light Patrol dan LDD.


"Ayo masyarat budayakan tertib lalu lintas, dengan mendwonloand aplikasi di playstore tentang Klik Traffic. Klik Traffic ini adalah icon kita, di dalamnya da beberapa aplikasi. Misal, antrian online, jadi kalau mau bayar di Samsat tinggal klik nomor antriannya, atau yang mau bayar pajak.

Kalau ada kemacetan tinggal difoto, anggota kita nanti datang. Masyarakat juga bisa lihat, dimana jalan yang macet ada di navigasi, mau buat SIM untuk yang di desa-desa, klik Simade, nanti petugas kita yang datang ke desa-desa untuk melakukan tes teori dan praktek, tapi untuk foto masih masih di Sat Polres," jelas dia.


Sebenarnya terobosan kreatif ini telah diberlakukan sebelummnya, dimana untuk peresmian baru hari ini. "Soft launching sudah beberapa bulan lalu, namun untuk grand launching baru hari ini. Untuk itu kita terus dilakukan sosialisasi demi terciptanya budaya tertib berlalu lintas,"ujarnya.


Tak heran, jika Wali Kota Palembang Harnojoyo melalui Asisten II bidang  Perekonomian dan Pembangunan Setda Palembang Darma Budhy mengatakan saya atas nama Pemerintah Kota Palembang menyambut baik dan memberi apresiasi yang tinggi terhadap 10 program terobosan kreatif yang dilaksanakan oleh Dirlantas Polda Sumsel.


"Seiring kemajuan teknologi dan tuntutan masyarakat dalam hak pelayanan publik dituntut memenuhi harapan masyarakat dalam hal perbaikan layanan. 10 program ini diharapkan dapat memberikan kemudahan, kenyamanan, keamanan serta menghapus KKN dan pungli terhadap masyarakat. Terlebih sebentar lagi kita akan melaksanakan Asian Games 2018," ucapnya.