Palembang - Pasar Rakyat Talang Banten berlokasi di Jalan KH Balkhi Lorong Banten IV RT 04, RW 01 Nomor 171 Kelurahan 16 Ulu Kecamatan Seberang Ulu II diresmikan, Jum'at (7/4/17). Melalui pasar rakyat ini diharapkan dapat mewujudkan cita-cita Pemerintah Kota Palembang (Pemkot) untuk menjadikan masyarakat sejahtera.

"Sesuai dengan visi dan misi Palembang Elok, Madani dan Sejahtera (EMAS). Untuk Elok, dengan pembangunan pasar ini telah membantu menata Kota Palembang, terutama pedagang yang selama ini berjualan di sepanjang jalan KH Balkhi atau di sekitar Banten ini ditarik ke dalam pasar.

Pasar ini juga membawa kesejahteraan bagi pedagang, "kata orang nomor satu di Kota Palembang ini , melalui  Asisten Administrasi Umum Sekretariat Kota Palembang, Agus Kelana, Jum'at (7/4/2017).


Tak heran, jika Pemkot Palembang sangat mengapresiasi berdirinya pasar ini, terlebih pembangunan pasar ini dibangun secara swadaya oleh masyarakat.


"Kementerian terkait siap membangun pasar, tetapi pemerintah daerah harus menyediakan lahan. Selama ini kita terkendala dengan lahan, dengan demikian kami sangat berterimakasih kepada masyarakat yang telah menyediakan lahan dan bahkan langsung dibangun. Ini luar biasa,"  ucapnya.


Oleh sebab itu, Pemkot Palembang pun menyediakan berbagai sarana  umum, antara lain lampu atau penerangan  guna mempelancar operasional pasar ini.


Selain itu, pemerintah pun berusaha untuk memfasilitasi pedagang agar mudah mengakses perbankan.


"Termasuk fasilitas kredit untuk pedagang. Iya, nanti kami sampaikan. Kalau usahanya jelas tentu perbankan tertarik,  karena untuk mengembalikan cicilan, "  ujarnya.


Dan terakhir, ia pun berharap dengan usaha dan kerja keras yang telah dilakukan masyarakat ini, semoga bernilai ibadah dan bermanfaat untuk banyak orang.