Palembang - Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda menghimbau pecinta hewan di kota ini untuk melestarikan hewan lokal. Hal ini diungkapkannya seusai membuka acara ‘National Cat Show’ di Lippo Mall Jakabaring, Palembang, Sabtu (1/4/2017). Menurut Fitrianti, pecinta hewan sebaiknya jangan hanya memelihara kucing dari luar (impor) dari negara lain.

“Perhatikan juga kucing maupun hewan lokal lainnya. Karena yang saya lihat masih sangat banyak hewan liar yang tak terawat,” ujar Fitrianti.

Ia mengatakan acara ini sangat bermanfaat. Selain jadi ajang silahturahmi antarpecinta kucing, juga dapat berbagi ilmu merawat kucing. Ini juga bisa menjadi peluang usaha karena tidak begitu banyak di Palembang yang mempunyai salon perawatan hewan peliharaan.

“Pesan orang tua saya, kalau mau memelihara hewan harus bisa bertanggung jawab penuh untuk merawatnya,” kata Fitrianti pula.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Palembang, Harrey Hadi, menambahkan, pihaknya mempunyai program perawatan dan vaksinasi hewan peliharaan,  di Jalan Gandus dan Talang Betutu.

“Perawatannya gratis. Silahkan datang ke dua pos kesehatan hewan ini, setiap hari kerja.”

Ketua Indonesian Cat Assosiation (ICA) Palembang, Bimbo Titaley, mengatakan, total 81 kucing yang mengikuti lomba cat show ini. perinciannya, 46 kucing ikut kategori Pedigre (Persia dan Exotic), 10 ekor dikategori Pedigre non official, dan 25 ekor kategori house cat.

“Yang spesial di tahun ini ada piala dari Ibu Fitri selaku Wawako Palembang untuk Best of the Best in Show.

Bahkan salah satu kucing yang ikut even ini harganya mencapai Rp50 juta yakni kucing dari Australia atau yang biasa dikenal oleh cat lover sebagia British Short Hair,” Bimbo menerangkan.