Palembang - Wali Kota Palembang, Harnojoyo dan Wakil Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda dan usur mufida menghadiri pembukaan Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke 98 2017 Kodim 0418 Palembang di Komplek Tanjung Barangan Indah Jalan Tanjung Barangan RT 01 RW 03 Kelurahan Bukit Baru Kecamatan Ilir Barat I, Rabu (5/4/17). Kegiatan ini berlangung hingga 34 hari ke depan.

Harnojoyo mengatakan, program ini sejalan dengan Pemkot Palembang untuk pemerataan pembangunan. Pemerintah memiliki keterbatasan. Dengan kehadiran TNI kami berterima kasih. TNI berkiprah, saat ini mereka yang punya tenaga, kita yang yang mengangarkan dana," kata Pemimpin kota bericon jembatan Ampera.


Selain itu,  kegiatan ini dapat mempererat hubungan antara TNI dan masyarakat, dimana mereka bisa bergotong royong. Hal ini tentunya sesuai dengan program Pemkot Palembang dan mendukung visi dan misi Palembang Emas.


"Program ini upaya mendekatkan TNI dengan masyarakat dengan bekerjasama yang baik," ujarnya.


Dandim 0418 Palembang, Letkol Inf Ferdi mengatakan Personil dari TNI 150 orang, diantaranya, satgas 25 orang, tim evalusai 20 orang, 100 orang dari perkuatan satuan tempur Kodam Darat,   Laut dan Udara.


Adapun kegiatan ini terdiri dua jenis  yakni, kegiatan fisik dan non fisik. Kegiatan fisik merupakan pembangunan jalan sepanjang 1,5 km, rehab mushola, rehab MCK, bedah rumah, pengecoran jalan SD, pembangunan pos kambling. Sedangkan untuk non fisik, berupa  pertanian, perikanan, pengobatan massal, sunatan massal  dan penyuluhan Keluarga Berencana (KB) , dan narkoba.


Bahkan, di bidang pertanian dan perikanan, TMMD mengambangkan teknologi bios 44, dimana untuk pertanian dapat mengambalikan unsur hara, dan perikanan dapat menstabilkan PH.


"Yang kita miliki baik, dari Kodim dan Korem kita berikan untuk kegiatan ini," ucapnya.
Sementara terkait dana, Ferdi mengadakan terdapat dua sumber, yaitu dana operasional berasal dari Mabes TNI dan dana pembangunan dari Pemkot Palembang.
"1,6 M dana bantuan dari Pemkot Palembang," sebutnya.