Palembang - Untuk memenuhi asas keadilan, Pamerintah Kota Palembang melakukan pengundian kios dan los Pasar Talang Kelapa, Selasa (04/04/2017) di halaman Pasar Talang Kelapa. Dalam pembagian ini, Wakil Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda hadir di tengah-tengah masyarakat terlibat langsung dalam membantu proses pengundian tersebut.

Ketua Tim Pelaksana Pembagian Kios dan Los Pasar Talang Kelapa, sekaligus Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Palembang, Darma Budhy mengatakan mengingat terbatasnya fasilitas pasar yang tersedia, bila dibanding dengan jumlah calon pedagang yang berminat untuk berusaha di pasar ini, maka perlu dilakukan secara adil dan transparan pengundian calon pedagang.


"Calon pedagang yang mendaftar sebanyak 367orang, setelah diseleksi administrasi dan langangan menjadi 100 orang untuk calon pedagang kios, 24 orang pedagang los basah, dan 35 orang pedang los kering. Sedangkan jumlah kios hanya 29 unit, los basah 58 unit, dan los kering 36 unit," sebutnya.


Disebutkan dia, adapun tujuan pembangunan Pasar Talang Kelapa ini adalah untuk menampung pedagang yang telah berjualan di sekitar kecamatan Alang-Alang Lebar, sehingga tidak lagi pedagang yang berjualan disepanjang akses utama ruas jalan. Karena itu, tidak boleh disewakan kepada orang lain.


Senada, Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda, tidak boleh dipindah tangankan, kalau nanti sudah tidak lagi berjualan, harus diserahkan kepada PD Pasar, akan kita evaluasi per tiga bulan.


Ditegaskan juga, bahwa pedangan tersebut tidak dipungut biaya, kecuali retribusi yang telah ditentukan, yakni Rp. 210 ribu sewa per tahun, Rp 5 ribu retribusi per hari, Rp 2 ribu listrik dan Rp 2 ribu kebersihan.
"Kalau ada pungutan liar laporkan kepada saya," ujarnya.


Sementara, Kepala Pasar Talang Kelapa, Vernandi Apriansyah mengatakan saat ini untuk kios sudah penuh,  los kering sisa 1 unit dan los basah sisa 28 unit.


Maka untuk itu, bagi warga Kecamatan Alang-Alang Lebar dapat kembali mendaftar, dengan catatan benar-benar sebagai warga kecamatan ini dan berprofesi sebagai pedangan.


kita targetkan seminggu ke depan pasar sudah mulai beroperasional..
"Untuk mulai buka, harapan pedagang serentak berjualan. Dan saran untuk pertama-tama harganya muarah dulu. Promosilah. Tapi semua kita koordinasikan dengan pedagang dan PD Pasar," pungkasnya.