Palembang - Wali Kota Palembang Harnojoyo menyetop sebuah angkutan kota di jurusan Sayangan – Lemabang yang melintas di Jalan Slamet Riyadi, depan Kantor Dinas PU Penataan Ruang Kota Palembang, Jumat (24/3). Di tangan Harnojoyo ada kotak sampah merah. Si sopir tampak kaget. Apalagi, tak lama berselang, angkotnya dikerubuti puluhan awak media, para pejabat Pemkot dan petugas Dishub Palembang.

Dengan senyum hangat Harnojoyo menyapa si sopir dan memberitahu bahwa dia akan memberi si sopir kotak sampah. Kotak sampah itu lantas ditaruh di dekat pintu tengah angkot.

Harnojoyo juga meminta izin sopir untuk menempelkan stiker bertuliskan “Buanglah Sampah pada Tempatnya,” di pintu mobil angkutan tersebut.

Selesai menempelkan stiker, Harnojoyo lantas menyalami si sopir. Setelah itu, Harnojoyo beranjak menuju angkot lainnya dan melakukan hal serupa.

Kepada wartawan, Harnojoyo mengatakan kegiatan ini merupakan upaya sekaligus kampanye Pemerintah Kota Palembang dalam mengajak masyarakat untuk menjaga kebersihan, khususnya kepada para pengguna angkutan umum.

“Selama ini banyak penumpang angkutan umum yang sering membuang sampah sembarangan. Membuangnya di jalan. Dengan kita tempelkan stiker dan sediakan kotak sampah di dalam angkot,  diharapkan para penumpang maupun sopir tidak lagi buang sampah sembarangan,” kata Harnojoyo.

Upaya Pemkot Palembang ini dipuji Dedi, penumpang angkot jurusan Lemabang. “Bagus. Ini upaya untuk menjaga kebersihan. Ada kotak sampah di dalam mobil, jadi tidak ada alasan buang sampah di jalan. Kami dukung kegiatan seperti ini,” kata pemuda yang tinggal di Kelurahan 3 Ilir ini. (*)