Palembang - Farewall Tax Amnesty Kantor Wilayah Direktorat Jendral Pajak Sumsel Babel melakukan sosialisasi door to door ke pelaku usaha di Pasar 16 Ilir Palembang, Rabu (22/03/2017). Terkait hal ini, Pemerintah Kota Palembang pun mengharapkan kegiatan serupa untuk digelar di kalangan pejabat daerah. Kegiatan ini door to door ke masyarakat, kami juga berharap bisa dilakukan door to door ke pejabat Pemerintah Kota Palembang.

" kan bisa jadi contoh, kalau sudah dari unsur pejabat sudah lakukan Tax Amnesty, apalagi masyarakat," kata Asisten I Bidang pemerintahan dan Kesejaheraan Rakyat Sekretariat Kota Palembang, Sulaiman Amin usai acara pembukaan  Farewall Tax Amnesty Kanwil DJP Sumsel Babel di pelataran Benteng Kuto Besak (BKB).

Lanjut dia, metode door to door ini ke masyarakat ini lebih mendekatkan petugas dan masyarakat, perugas bisa melihat secara langsung tidak hanya melihat data.  Jadi,  Pemerintah Kota Palembang sudah MOU sudah dengan Kanwil DJB Sumsel Babel, terkait hal ini sudah ada sosialisais, karena keterbatasan waktu, sedangkan materi yang harus diisi dan dipelajari sangat banyak, sehingga banyak yang belum paham.


"Pejabat ini, dari eselon 4, dan eselon 3, dan eselon 2 itu banyak, harapan kita sudah dikoordinasikan dengan perugas agar bisa memberikan pendampingan, sehingga Tax Amnesty bisa maksimal di Palembang. Kalau  program kita,  pemerintah kota sudah sering mengigatkan karena ini program nasional, hingga 31 Maret 2017 kendatang " jelasnya.


Senada, Kepala Bidang Keberatan Banding dan Pengurangan Kanwil DJP Sumsel Babel, Saefudin mengatakan MOU Kota Palembang, dalam hal penyelenggaraan untuk kesuksesan Tax Amnesty. KIta ingin seluruh pejabat dan seluruh  bawahnya untuk memahami, sejak kemaren kita lakukan kerjasama hingga saat ini.


"Memang banyak sekali ingin ikut Tax Amnesty, dan sekalian penyampaian  SPT, kita punya tenaga,  kita  bisa datang, jujur memang susah gampang, Tak Amnesty banyak yang harus diisi dan banyak hal yang harus diberitahukan, banyak dokumen, kalau salah malah repot, kami siap membatu, karena kami juga dibantu. Memang benar yang di katakan pak Sulaiman tidak hanya door to door dengan pelaku usaha (toko-toko) tetapi juga door to door ke pejabat," jelasnya.


Adapun sosialisasi dengan metode door to door kali ini, Kanwil DJP Sumsel Babel menargetkan 600 tempat usaha yang ada di sekitar Pasar 16 Ilir, dimana sebelumnya sudah dilakukan di Jalan Kolonel Atmo, Jalan Sudirman dan Jalan Letkol Iskandar, dan daerah Dempo.


"Ini yang ketiga di Pasar 16 Iilir, kali ini sebanyak 217 petugas pajak dari lima kantor yang terlibat dan serentak dilakukan diseluruh Kantor Pelayanan Pajak lain ," sebutnya.


Sedangkan untuk waktu Tax Amnesty, ditegaskan oleh Saefudin  batas waktu tidak bisa diperpanjang, yakni hingga 31 Maret 2017, bersamaan dengan berakhirnya penyampaian Surat Pemeritahuan (SPT) wajib pajak pribadi. "Teman-teman yang sudah ikut Tax Amnesty tidak akan diperiksa, 2015 ke bawah, Undang-Undang melarang memeriksa, jangankan memeriksa mneyidik saja tidak boleh,".


Sementara, hingga saat ini total uang tebusan Tax Amnesty sebanyak Rp983 mikyar, harta yang terungkap sebanyak Rp59,5 trilyun dan Surat Pernyataan Harta berjumlah 22375.