Palembang - Guna mempercepat pembangunan, Wali Kota Palembang Harnojoyo dukung kinerja Realestat Indonesia (REI), salah satunya terkait pengurusan Izin Pendirian Bangunan (IMB). Hal ini diungkapkan dalam pembukaan Realestat Expo 2017, Selasa (21/03/2017) di atrium Palembang Square (PS) Mall."Terkait perumahan ini, dukungan dari pemerintah pusat begitu banyak, kami tidak kalah, ikut berkontribusi, di antaranya IMB hampir 90 persen kurangi," ujar Harno


Sedangkan permintaan DPD REI Sumsel sesuai Peraturan Pemerintah tentang Penyederhanaan Perizinan, salah satunya IMB, bahwa  standar operasional  prosedur (SOP) IMB selama 14 hari, jika selama 14 hari petugas tidak selesai oleh petugas, dengan catataan syarat sudah selesai, IMB sudah bisa berjalan,
"Pemerintah tidak boleh menghambat masyarakat," ungkapnya.


Dikatakan juga,  REI telah mendukung program nasional sejuta rumah, saat ini sudah terbangun kurang lebih 8 ribu rumah. Mengingat rumah adalah kebutuhan dasar masyarakat, tentu rumah harus yang layak huni meski sederhana.Lebih dari itu, tidak  hanya  hanya mengutamakan bangunan  tetapi  juga lingkungan.


"Percuma bangunan bagus lingkungan tidak, kami berharap kepada seluruh pengembang untuk memperhatikan lingkungan,  apalagi 53 persen daerah Palembang tergenang air, hal ini harus diperhatikan.


Sementara itu Ketua DPD REI Sumsel, Hariyadi Begawan menginformasikan tentang Peraturan Pemerintah tentang Penyederhanan Perizinan, sudah menyosialisakan kepada dinas terkait, salah satunya tentang IMB. Dalam hal ini, REI  Sumsel menargetkan 2017 membangun 10 ribu unit rumah, tentu pihaknya membutuhkan dukungan dari berbagai pihak, diantaranya Pemerintah.


"Kami yakin dan optimis dengan bantuan pemerintah dapat tercapai target, bahkan lebih besar lagi," ujarnya.
Semetara,  tujuan dilaksanakannya  Realestat Expo 2017 ini agar masyarakat luas dapat mengetahui jelas tentang perkembangan dan  kemajuan  perumahan secara menyeluruh. Dengan harapan masyarakat dapat menikmati rumah idaman di 2017.


Dalam hal ini, seluruh anggota DPD REI Sumsel, berjumlah 190 pengembang siap berperan membangun Sumsel dan turut bersinergi dengan masyarakat dan maupun instanstsi terkait untuk dalam upaya menghadapi arus Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).


Adapun pemeran perumahan ini diikuti oleh 44 peserta dengan 49 stand, yang terdiri dari 37 pengembang yang didominasi oleh pengembang RST berjumlah 24 peserta, dan 13 pengembang mengengah dna ke atas, serta didukung oleh 7 perbankan dan notaris.