Palembang - Wakil Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda unjuk kebolehan dengan mendongeng di hadapan ratusan anak PAUD dalam Peringatan Hari Air Dunia XXV 2017 bersama Adhya Tirta Srjwijaya (ATS) di komplek Grand City, Jum'at (18/03/). Dalam acara tersebut juga menghadirkan Pendongeng Nasional, Awam Prakoso.

Menurut Finda, pada dasarnya  menyampaikan informasi dan mengajar dapat dilakukan dengan metode mendongeng kepada anak-anak.  Dengan mendongeng, Finda mengajarkan anak-anak tantang bagaimana menjaga kebersihan, mencintai lingkungan  dan menghemat air. Sehingga anak bisa paham dan mengerti, seperti; mengapa dilarang membuang sampah ke sungai, sebab akan mengakibatkan banjir.


"Kita lihat  bersama-sama anak-anak antusian sekali", ucapnya.
Lalu, tak luput dalam kesempatan itu, Finda mengucapkan terima kasih kepada ATS yang telah memberinya kesempatan untuk mendongeng dan  menyuguhkan edukasi yang sangat bermanfaat bagi anak.
"Hari ini yang istimewa, dimana saya bisa mendongeng bersama anak-anak," ungkapnya.


Senada, Direktur Utama ATS, Mugiarto mengatakan mengapa kita memilih dongeng, karena dongeng merupakan salah satu media yang mudah dicerna, dan diserap oleh anak-anak. Kalau cuma dengan pidato sulit diterima, makanya kita bekerjasama dengan Kampung Dongeng Sumsel untuk mendatangkan pendongeng nasional, Kak Awam Prakoso.


Dikatakan Mugiarto, melalui mendongeng pihaknya mengedukasi anak-anak, tentang pemanfaat air, dan menjaga air. Rata air rumah tangga itu langsung dibuang ke saluran. Anak-anak  inilah yang nantinya  akan mengantikan kita semua, supaya kemudian  Palembang semakin bersih dan bebas banjir.


Disebutkan dia, acara hari ini adalah acara puncak dari Peringatan Hari Air Dunia, yang mana  ATS juga mengelar serangkaian kegiatan lainnya, berupa road show ke sekolah-sekolah dan pelatihan dongeng untuk guru-guru.


"Sebelumnya kita datang ke sekolah-sekolah yang berada di tiga wilayah, yaitu  sekolah di daerah Perumnas, daerah Talang Kelapa, dan daerah Talang  Buruk," sebutnya.


Sedangkan untuk pelatihan mendongeng, terdapat 100 guru TK, PAUD, dan SD yang menjadi perserta dari sekolah-sekolah yang berada wilayah layanan ATS, yakni Kecamatan Alang-Alang Lebar dan Kecamatan Sukarami. Pelatihan ini berlangsung mulai pukul 3-4 sore.


"Kalau melihat begitu besarnya antusias anak-anak dan guru-guru, mudah-mudahan tahun depan  kita bisa laksanakan lagi," tutupnya