Palembang - Jelang Asian Games 2018, rombongan Olympic Council of Asian (OCA) dan Indonesia Games Asian Games Organizing Commitee (INASGOC) XVIII meninjau langsung nevue-venue Asian games 2018 di Jakabaring Sport City,Minggu (5/02/2017). Selanjutnya rombongan OCA menuju Griya Agung untuk melakukan rapat koordinasi komite OCA ke 6.

Pada peninjauan di Jakabaring Sport City, Wali Kota Palembang, Harnojoyo mendampingi secara  tim OCA terdiri dari 18 orang yang dipimpin oleh  Chairman Coordination Committe,  Tsunekazu Takade.

Setelah mendarat di Bandara Sultan Mahmmud Badarrudin II, rombongan langsung menuju Jakabaring Sport City melihat pembangunan di venue lapangan tambak, dan venue dayung. Terkait hal ini telah disepakati, Palembang kebagian 10 cabang olah raga (cabor) dan sisanya di Jakarta.


"Begini hitungnya seluruh 42 cabor  dikurangi 10 cabor di Palembang, jadi 32 cabor di Jakarta dan 87 persen dilaksanakan di Jakarta, sebagian kecil di daerah sekitar, seperti Bogor dan Bandung," sebut Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga, Gatot S Dewa Broto.


Dikatakan juga, kedatangan OCA  ini wajib dilakukan sebagai upgrade untuk mengetahui persiapan  Palembang dan Jakarta sebagai tuan  Asian Games.


Sejauh ini mereka puas dengan persiangan yang telah dilakukan di Kota Palembang.


Sambung Gatot, untuk kelancaran pesta olah raga internasional ini, Pemerintah Republik Indonesia akan cairkan dana sebesar Rp500 milyar dari total bantuan yang harus di bayar sebesar Rp4 trilyun.


"Ada syarat dana bisa diturunkan, pertama INASGOC harus sebagai satuan kerja tersendiri dan sudah sekarang sudah dikeluarkan wakil menteri keuangan, akhir Februari lalu untuk sementara INASGOC menjadi satuan kerja tersendiri, maka dana tidak perlu dibelokkan ke Kemenpora, tetapi langsung ke INAGOC.

Kedua, harus ada Keppres sudah jadi tentang pegadaan barang jasa, Insya Allah, minggu depan atau dua minggu lagi sudah diparaf oleh  presiden, minggu lalu sudah di paraf beberapa menteri.


Sementara ini 500 dulu, kalau inti point sesudah selesai dana tambahan, Insya Allah tidak ada kesulitan," jelasnya.


Viece President I of INASGOC, Muddai Madang mengatakan persiapan Asian Games 2018 berjalan dengan baik, yang sudah dibayar pemerintah 47 juta dollar, dan 20 juta dollar itu deposit.


"Sesuai dengan janji pemerintah semua kewajiban dibayar," ucap Muddai.


Dalam hal ini, pihak swasta berkontribusi mensukseskan Asian Games ini, sebut saja Sinar Mas bangun venue Bolling, Pusri bangun venue Panjat Tebing, atau Pertamina isi perlengkapan Boling.


Sedangkan tentang kunjungan OCA, disebutkan dia mereka merespon baik, begitu tiba di Palembang atmosfir Asean Games sangat terasa beberap pembangunan beejalan, progress di Palembang sesauai dengan dijanjikan.


Gubernur Sumsel, Alex Noerdin mengatakan rapat penting sudah berakhir relatif  singkat 1 jam alhamdulilaah persiapan di Jakabaring dinggap sudah sangat baik.