Palembang - Mobil Walikota Palembang mendadak berhenti , saat melintas di jalan AK Gani, Selasa (28/2/2017). Harnojoyo yang berpenampilan necis, dengan jas dan dasi, lantas turun dan mendekati mobil jenis Avanza putih yang terpakir di depan rumah sakit. Emosi tampak diraut wajah orang nomor satu dikota Palembang, pasalnya Adalah sampah yang berserakan di sekitar mobil yang menjadikan suara Harnojoyo meninggi saat menegur penjual makanan dalam mobil itu. Penjualnya seorang wanita.

Padahal lokasi tersebut akan dilalui iring iringan kendaraan peserta kolabarasi tunas integritas budaya 2017 besok,Rabu (1/3/2017).

“Kalau tidak bisa menjaga kebersihan cari tempat lain saja bedagang,’ katanya.

Walikota pionir gotong royong bersih-bersih sungai ini menilai warganya belum mendukung penuh apa yang digalakannya setiap hari minggu melakukan kebersihan.

“Bersihkan sekarang, jangan sampai kotor seperti ini, jangan berserakan dong,”kata Harnojoyo dengan nada tinggi.

“Iya Pak. Maaf, saya akan buang sampah di tempatnya,” kata perempuan tersebut.

Dlam tinjauan tersebut bahwa sampah yang ditemukan tersebut sampah dari pedagang, oleh karena itu jangan sampai dengan berjualan didalam mobil lalu tidak memperhatikan sampah.

”Jangan seenaknya, kamun harus menyiapkan tempat sampah sehingga disini tetap bersih,”kata Harnojoyo.

Setelah mendapatkan teguran langsung sang pedagang secara langsung membersihkan sampah yang ada disekitar, sampah yang ia bersihkan mulai dari kantong plastik dan sampah lainnya.

Semoga ini dapat dijadikan pelajaran, agar kita selalu menajaga kebersihan salah satunya dengan tidak membuang sampah sembarangan palagi di jalan raya. (*)