Palembang - Wali Kota Palembang, Harnojoyo mengukuhkan Gerakan Hebat Anti Narkoba (GERHANA) masa jabatan 2017-2018 di SMK PGRI 2 dan SMP PGRI 11, Sabtu (25/02/2017) di Jalan Sapta Marga Nomor 30. Pada kesempatan itu, Harnojoyo mengamanatkan empat pesan untuk seluruh pelajar yang mengahadiri acara tersebut, yakni: menjaga kebersihan, mengukir prestasi, jangan tawuran dan jauhi narkoba.

Maka, Harno menghimbau kepada seluruh warga sekolah untuk menjaga kebersihan lingkungan, tidak hanya di sekolah, atau di rumah, tetapi dimana pun berada.


Menurutnya, kondisi sekarang ini jauh lebih baik dari zaman dulu. Jika dulu belajar dengan penerangan lampu templok dengan bahan bakar minyak tanah, saat ini banyak faslitas yang memudahkan belajar, dan  mencari informasi lebih gampang.

Sedangkan pesan untuk menjauhi narkoba, Harno berharap dengan terbetuknya GERHANA, bisa mencegah anak-anak terjerat barang haram tersebut. Narkoba mengandung bahan berbahaya yang mematikan. Narkoba merusak syaraf. Setiap manusia memiliki dua jenis syaraf, yaitu syaraf baik dan syaraf jahat. Sedangkan pada syaraf pecandu narkoba, syaraf baik sudah terbunuh oleh zat berbahaya tersebut. Akibat yang timbul pikiran orang tersebut tergangu, hilang rasa kepedulian, hilang rasa toleransi, hilang rasa kasih sayang, badan jadi kurus, layu,  jalan gontai, dan pokoknya  tak sehat lagi.

"Diharapkan juga timbul rasa kepedulian anak terhadap sesama. Anak-anak bisa saling menegur dan mengingatkan. Kalau sudah dibatas kemampuan dapat kita salurkan, mungkin ke BNN untuk direhabilitasi, atau hingga ke ranah hukum," ungkapnya.