Palembang - Sekretaris Daerah Kota Palembang Harobin Mastofa, Selasa (3/1/2017) menginspeksi mendadak sejumlah satuan kerja perangkat daerah (SKPD) usai libur Tahun Baru 2017. Turut mendampingi Harobin, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sulaiman Amin, Staf Ahli Wali Kota Bidang Pemerintahan, Sosial dan Kemasyarakatan, Rubinsi.

Harobin mengawali sidaknya di Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (BKB-PP). Dari situ, Harobin menuju ke Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran, lanjut ke Badan Pengelolaan Pajak Daerah, Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM, serta beberapa SKPD lainnya.

Di SKPD-SKPD tersebut, Sekda Harobin memeriksa daftar hadir pegawai, meninjau ruangan dan bersilaturahmi serta berdialog dengan pegawai.

“Menyambut awal tahun 2017 ini, PNS sudah dikasih libur cukup lama, selama tiga hari. Oleh karena itu Pemkot (Pemerintah kota) melakukan sidak, untuk melihat kedisiplinan para pegawai,” ujar Harobin, dibincangi di kantor BPBPK.

Kendati tak seluruh SKPD di Jalan Merdeka didatangi, Harobin mengatakan bersyukur ada sejumlah SKPD yang seluruh pegawainya masuk kerja.

“Untuk sementara ini kita lihat, alhamdulilah masuk semua. Memang masih ada beberapa PNS yang mengambil cuti,” kata Harobin.

Harobin mengatakan, ia masih menunggu laporan tertulis dari BKD dan masing-masing kepala SKPD, untuk melihat absensi para PNS. Jika nantinya, ada kedapatan PNS yang membolos, ia akan memberikan teguran secara tertulis kepada PNS tersebut.

Harobin menegaskan, ia tak akan segan-segan menghapus tunjangan perbaikan penghasilan (TPP) pegawai yang malas bekerja.

“Pemkot sudah memperjuangkan TPP ini. Jadi saya tidak mau melihat PNS yang bermalas-malasan.” (*)