Palembang - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang telah memetakan relokasi aliran tiga sungai sepanjang aliran Sungai Selayur, Kecamatan Kalidoni, Palembang yang bertemua muara di Sungai Juaro Kelurahan Sei Selayur Kecamatan Kalidoni yang telah berusia ratusan tahun yang dulunya dapat dilalui perahu – perahu nelayan.

Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang telah memetakan relokasi aliran tiga sungai sepanjang  aliran Sungai Selayur, Kecamatan Kalidoni, Palembang yang bertemua muara di Sungai Juaro  Kelurahan Sei Selayur Kecamatan Kalidoni yang telah berusia ratusan tahun yang dulunya dapat dilalui perahu – perahu nelayan.

Walikota Palembang H.Harnojoyo mengatakan, , untuk mengembalikan kejayaan Sungai Juaro bukan perkara muda, terlebih meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan sungai dan tidak mendirikan bangunan disepanjang aliran sungai.

Normalisasi menjadi alternatif penting untuk membuat sungai Juaro terus terjaga.

“Mumpung sungai ini belum disalahgunakan, kita akan berusaha menggunakan dana bencana dari bantuan pusat untuk Tagana  Rp 7 miliar untuk normalisasi sungai,”  kata Harnojoyo saat bersih-bersih sungai di jalan Harapan Jaya bersama masyarakat di Kecamatan Kalidoni, Minggu (5/2/2017).

Pantauan dilapangan, orang nomor satu di Kota Palembang ini, tidak segan-segan duduk lesehan diatas tanah dipinggiran saluran air yang tergenang banjir, sambil melihat pemetaan yang telah dilakukan dinas terkait untuk normalisasi anak sungai tersebut.

“Akan kita lakukan normalisasi sungai ini sepanjang 1.5 km, ini bertujuan agar sungai ini tidak hilang,” tegasnya.

Salah satu program Pemkot Palembang adalah pembangunan waduk untuk mempermudah aliran anak Sungai Musi. Meluapnya air bah di permukiman, lanjut dia, akibat kurangnya kesadaran warga membuang sampah ke tempat yang sudah disediakan. Pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak menggunakan aliran sungai sebagai tempat pembuangan sampah.

“Normalisasi sungai ini juga jadi program untuk mempercepat pembangunan, terlebih jelang ASEAN Games 2018 mendatang,” kata dia.

Adapun Surip, Ketua RT 31, Jalan Harapan Jaya, Kecamatan Kalidoni, Palembang, mengatakan dulunya sepanjang aliran Sungai Selayur ini bisa dilalui perahu kecil untuk alat transportasi warga.

“Kalau sekarang tidak bisa lagi, karena banyak sampahnya. Dengan normalisasi ini, kita harapkan fungsi sungai bisa kembali seperti semula,” ucap salah satu RT di Kota Palembang tersebut.