Palembang - Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) siap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhineka Tunggal Ika. Hal ini diungkapkan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) LVRI Sumsel, Marsma TNI (Purn) Ir Robert Siagian, MM, pada peringatan HUT LVRI ke-60, di gedung DPD LVRI Sumsel di Jalan Rajawali, Selasa (31/1/2017).

Hadir dalam acara ini, antara lain, Wakil Gubernur Sumsel Ishak Mekki, Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda.

Robert berharap pilar generasi bangsa bersatu, jangan berpecah belah dan intoleransi. “Kalau kita terpecah belah kita harus siap dijajah kembali, dan jika kembali dijajah, kami veteran akan turun lagi ke lapangan membela bangsa ini.”

Menurut Robert, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika merupakan  pilar bangsa yang harus dijaga. "Bhineka Tunggal Ika adalah harga mati, NKRI adalah harga mati,” kata Robert.

Wakil Gubernur Sumsel, Ishak Mekki mengimbau generasi bangsa ini untuk tetap menjaga keutuhan NKRI.

Mekki pun mengajak semua generasi bangsa agar selalu mengenang jasa-jasa para pahlawan yang gugur di medan peperangan dalam membela Tanah Air.

"Karena kita tidak terlahir di zaman peperangan, generasi muda dapat membangun bangsa dan negara ini  sesuai dengan bidang masing-masing.”

Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda mengatakan, NKRI merupakan perekat dan pemersatu bangsa. Karena itu, segala upaya untuk mengusik keutuhan NKRI harus segera direspon oleh generasi penerus.

“Dengan bersatu dan kompak kita akan semakin kuat. Jaga terus keutuhan NKRI,” ujar Fitrianti. (*)