Palembang - Kota Palembang, menjadi magnet bagi negara-negera asing untuk berinvestasi. Prancis salah satunya. Negara ini menawarkan kerja sama dengan Pemerintah Kota Palembang penyediaan fasilita publik yang andal dan modern. Hal ini terungkap dalam workshop City of Tomorrow, di Aula Parameswara Setda Kota Palembang, Senin (30/1/2017).

Dalam workshop tersebut, enam perusahaan asal Prancis menawarkan berbagai teknologi modern di sejumlah bidang. Yakni transportasi, parkir, security, pengolahan air, energi, pengelolaan data.

Adapun enam perusahaan asal Perancis tersebut, yakni Engie Company, RATP Dev Transdev Asia Company, Parkeon Company, Zues Company, Dassault Systems Company, dan Vinci Energies Company.

Ketua Komisi Bisnis Prancis, Rachid Boulaouine, mengatakan, pihaknya menawarkan kerja sama perparkiran, keamanan, air bersih, dan lingkungan hidup untuk Kota Palembang.

“Kami harap Wali Kota bisa menerima dan melanjutkan pertemuan ini,” ujar Rachid.

Ia melanjutkan, pihaknya juga mencari dan memetakan daerah-daerah potensial untuk berinvestasi di Palembang.

Wali Kota Palembang Harnojoyo mengatakan, pihaknya menyambut baik kedatangan investor ini. Namun ia berharap Perancis bukan hanya berinvestasi tapi juga memberikan hibah seperti yang dilakukan Australia.

"Pemerintah Australia sudah berikan hibah, bukan pinjaman, untuk Kota Palembang. Kami harap Perancis bisa lakukan itu," ujar Harnojoyo. (*)