Palembang - Wali Kota Palembang Harnojoyo, didampingi Wakil Wali Kota Fitrianti Agustinda, meresmikan Paguyuban Sopir Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Palembang. Acara yang berlangsung di halaman kantor dinas tersebut, Kamis (26/1/2017) sekaligus jadi ajang silaturahmi wali kota dan wakil wali kota dengan keluarga besar petugas kebersihan.

Harnojoyo dalam sambutannya, mengajak masyarakat untuk menjaga kebersihan. Apalagi, Palembang akan jadi tuan rumah Asian Games 2018.

"Kita semua harus menjaga kebersihan. Ingat motto kita, kalau idak biso bersihke jangan ngotori jadilah (kalau tidak bisa membersihkan, tidak mengotori sudah cukup). Kebersihan itu juga sebagian dari iman," kata Harnojoyo.

Dalam silaturahmi itu, Harnojoyo juga mengumumkan Pemkot Palembang telah menaikkan insentif petugas kebersihan sebesar Rp 10 ribu per hari.

“Jangan lihat jumlah uangnya, namun jadikan motivasi untuk bekerja. Agar kota ini menjadi semakin besih, rapi dan indah," kata Harnojoyo.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan, Faizal AR, mengatakan  dengan adanya panguyuban ini para sopir mobil kebersihan, tukang angkut sampah, penyapu jalan dan seluruh petugas kebersihan atau pasukan kuning dapat lebih terorganisir dengan baik, mereka juga bisa saling bertukar fikiran, dan saling memotivasi.

Selain itu, pihaknya akan mengadakan 20 sepeda kebersihan untuk mempermudah dan memperlancar pekerjaan mereka.

"Mudah-mudahan membantu pekerjaan mereka. Akan tetapi, menjaga kebersihan itu bukan hanya tugas mereka, atau Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan saja, melainkan menjadi tugas kita semua,” ujar Faizal. (*)