Palembang - PALEMBANG - Walikota Palembang H. Harnojoyo menghimbau agar anak sungai yang telah dibersihkan tidak kembali kotor seperti pertama saat melakukan aksi bersih-bersih sungai yang telah dicanangkannya sejak satun tahun lalu agar tetap bersih dan indah dipandang. Selain itu kita harus menjaga komitemen bersama agar tetap menjaga kebersihan anak sungai.

“Sampai saat ini sudah ada lebih dari 70 anak sungai yang sudah dibersihkan, jadi saya tidak ingin mengulang lagi  kembali awal membersihkan sungai pertama kali yang saya bersihkan,” tegas Harnojoyo, Minggu (27/11/2016) saat usai melakukan kerja bakti gotong royong di kawasan Residence Bougenvill di Kelurahan Lebong Gajah Kecamatan Sematang Borang.

Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melalui instansi terkait akan menganggarkan untuk pengadaan alat berat eksapator amphibi untuk melakukan pengerukan anak sungai yang dangkal.

 “tepatnya di bulan Februari 2017 kita sudah memiliki Ampibi jadi kerja bakti kedepannya tidak perlu lagi berkubang dengan lumpur,” tegasnya.

“Sungai jangan jadikan tempat pembuangan sementara ( tps) sampah, kasian anak-anak. cucu kita kedepan, nenek moyang kita meningalkan sungai bagus, jangan kita meninggalkan sungai yang berisi dengan sampah,” Tukasnya

Ia berharap, kerja bakti gotong royong dan meningkatnya kesadaran masyarakat akan kebersihan sungai bisa menjadikan Kota Palembang yang kaya akan anak sungai bisa menjadi tempat bermain nantinya.

“Sungai di Palembang harus sama dengan sungai  di Korea Selatan, kalau tidak tahu cuba buka google, disana anak-anak bisa berenang dan pemandangannya juga indah ,” Ujarnya. (AL)