Palembang - Aksi gotong royong yang digalakan Walikota Palembang H.Harnojoyo Minggu (2/10/2016) di kawasan Kelurahan 1 Ulu Kecamatan Ilir Timur (IT) II menjadi gotong royong yang terberat. Pasalnya, orang nomor satu di Kota Palembang ini harus menyusuri jalan jalan 1 Km dibelakang rumah warga yang langsung membelakangi anak Sungai Musi yakni Sungai Taligawe.

Sungai yang membentang di jalan Sultan Agung ini,nyaris hilang akibat tertimbun tumpukan sampah yang dibuang warga didalam sungai.

Mirisnya lagi,sebagaian badan sungai sudah dipasangi pondasi rumah untuk warga.

“Wajar saja banjir jika hujan, lihat saja sungainya tidak berfungsi lagi, ini harus segera di normalisasi,” ujar Harnojoyo.

Yang lebih miris lagi, bahkan sebagian sungai yang sudah tertimbun tanah dijadikan warga sebagai tempat pembuangan sampah, alhasil ketika tanah dikeruk tumpukan sampah yang muncul.

“Inilah PR besar kita, kesadaran masyarakat masih sangat kurang, kami sangat berharap mulai saat ini masyarakat bisa menjaga kebersihan lingkungan karena bencana banjir yang terjadi tidak lain disebabkan oleh ulah masyarakat itu sendiri,” katanya.

Tidak hanya gotong royong kebersihan, yang juga dilakukan sejumlah SKPD ini menjadi kegiatan rutin  diharapkan mampu mengetuk pintu hati masyarakat agar kebersihan Kota Palembang tetap terjaga.

.

“Kami akan terus komitmen melakukan gerakan moral gotong royong ini dengan tujuan dapat merubah perilaku masyarakat kita, ” tegasnya. ( AL)