Berita :: Pemerintah Kota Palembang

Wawako Resmikan Sambungan PDAM di Perumahan Griya Sumsel Sejahtera

Pemerintah Palembang terus berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, dalam hal ini terkait pendistribusian air bersih oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Musi. Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda meminta Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) milik Pemerintah Kota (Pemkot) Palembamg tersebut, untuk segera memenuhi kebutuhan air bersih bagi seluruh masyarakat Kota Palembang. "Kita harap seluruh warga Kota Palembang dapat menikmati air bersih. Karena, hal mereka untuk mendapatkan pelayanan air bersih dari PDAM," jelasnya pada acara peresmian sambungan air bersih dari PDAM Tirta Musi di komplek perumahan Griya Sumsel Sejahtera, Kelurahan 15 Ulu Kecamatan SU I, Jum'at (26/5/17).

Pemkot Palembang Bangun Kampung Warna Warni

Palembang - Menghadapi Asian Games 2018, Pemerintah Kota (pemkot) Palembang terus melakukan penataan terhadap kota pempek, seperti menciptakan pemukiman Musi Bercorak dengan melakukan pengecatan warna warni terhadap 1000 rumah yang ada di pinggiran Sungai Musi tepatnya di Kelurahan 7 Ulu Kecamatan SU I, Kamis (25/5).

Pemkot Palembang Bantu Modal Pelaku UMKM

Sebanyak 107 pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Palembang dapat bantuan modal dari Bank Perkreditan Rakyat (BPR), yang dilaksanakan oleh BPR Perkreditan Sarana Rakyat (BPR Pasar) Kota Palembang.

Ribuan Pelajar Palembang Tulis Surat Untuk Ibu

Ribuan pelajar memadati Plaza Benteng Kuto Besak (BKB), Sabtu (20/5/2017). Mereka mengikuti lomba Menulis Surat untuk Ibu, yang diselenggarakan koran harian Palembang Pos, dan didukung Pemerintah Kota Palembang.

Harnojoyo Langsung Pantau Ponton Tabrak Fender Jembatan Ampera

Fender penahan jembatan Ampera kembali ditabrak ponton bermuatan 750 ton batubara, Rabu (17/5/2017) pukul 11.20 WIB. Tongkang dengan nomor lambung ARK04 yang dibawa kapal takboat Tanjung Buyut tersebut, nampak melintang dan menabrak fender dan salah satu tiang. Dari Informasi yang berhasil di dapat, insiden ini berawal terjadi diakibatkan tali penarik dari tugbot putus saat 500 meter lagi mendekati jembatan Ampera.

Anggaran Pemkot Palembang 14,5 Persen APBD Untuk Kesehatan

Sebanyak 400 kader poyandu mengikuti Jambore Kader Posyandu Tingkat Kota Palembang 2017. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Walikota Palembang, Harnojoyo di aula serba guna Asrama Haji Palembang Selasa (16/5/17). Dikatakan Horno, melalui kegiatan ini diharapkan dapat membuka wawasan, membuka keterampilan, mengali potensi, menjalin silaturahmi, dan meningkatkan prestasi Kader Posyandu.

Wawako Palembang: Limbah PT. Semen Baturaja Aman

Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda meninjau pengolahan limbah PT Semen Baturaja, Selasa (16/5/2017). Perusahaan itu berlokasi di Jalan Abikusno Cokrosuyoso, Kelurahan Kemang Agung, Kecamatan Kertapati. Sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah Pemerintah Kota Palembang turut mendampingi Fitrianti saat kunjungan itu.

Belajar Budaya di Sudirman Walk

PALEMBANG – Hadirnya destinasi wisata Sudirman Walk di Jalan Jenderal Sudirman pada Sabtu – Minggu malam, dimanfaatkan banyak pihak untuk hal-hal positif, salah satunya belajar sejarah dan budaya lokal. Seperti Tasma, warga Perumnas, yang sengaja datang ke wisata yang berada di pedestrian (trotoar) Sudirman tersebut pada Sabtu (13/5) lalu untuk mendengarkan diskusi tentang sejarah Tari Gending Sriwijaya.

OPD Harus Sigab Bantu Korban Kebakaran

Kebakaran terjadi di Lorong H Husin, kawasan 26 Ilir, Kelurahan Talang Semut, Kecamatan Bukit Kecil, Palembang, Rabu (10/5/2017). Kebakaran yang terjadi sekitar pukul 08.00 WIB itu menghanguskan satu rumah warga, atas nama Ishak, yang bekerja di kantor Kelurahan Talang Semut. Informasi di lapangan, api berasal dari salah satu kontrakan di bawah rumah tersebut. Rumah milik Ishak ditempati enam kepala keluarga. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu.

Pemkot Palembang Lakukan MoU dengan Kejari Palembang

Sebanyak 16 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Palembang melakukan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Pemerintah Kota Palembang dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Palembang, di ruang rapat Parameswara, Rabu (10/5/17). Hal ini dilakukan demi terciptanya good goverment di Pemerintahan Kota Palembang.

TMMD, Lestarikan Budaya Gotong Royong

Program Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-98 2017 di Tanjung Barangan resmi ditutup, Kamis (4/5/17). Melalui kegiatan ini diharapkan dapat melestarikan budaya gotong royong di masyarakat. "Hari ini secara serantak seluruh Indonesia dilakukan penutupan TMMD," Kasdam II Sriwijaya, Brigjen TNI Marga Taufiq.

Harnojoyo Pelajari Penerapan Smart City di Makassar

Wali Kota Palembang Harnojoyo bersama Gubernur Sumatera Selatan, Kapolda Sumsel, dan Kapolresta Palembang mengadakan kunjungan kerja ke Pemerintah Kota Makassar, Rabu (3/5/2017). Mereka disambut hangat Wali Kota Makassar, M Ramdan Pomanto dan jajaran. Selanjutnya mereka diajak ke ruang command center. Di ruang itu, ada puluhan televisi besar yang terhubung dengan CCTV dan situasi Makassar.

Wawako Kunjungi Lokasi Kebakaran

Kebakaran yang terjadi di salah satu rumah bersejarah di Kota Palembang, milik keluarga Syahab di sungai Bayas Kuto Batu Palembang, rupanya menggugah nurani Wakil Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda langsung meluncur ke lokasi kebakaran di kawasan Sungai Bayas, Jalan Slamet Riyadi, Lorong Beringin Jaya, Kelurahan Kuto Batu, Kecamatan Ilir Timur II, Rabu (3/5/2017).

Laporkan Jika Ada Penimbunan Rawa Ilegal

Wali Kota Palembang Harnojoyo mewanti-wanti pemberian izin penimbunan rawa harus sesuai aturan, agar rawa tidak beralih fungsi. Rawa yang beralih fungsi atau tidak normal lagi, tentu saja berdampak pada lingkungan. Salah satunya adalah banjir. Sebab, fungsi rawa sebagai daerah resapan air otomatis hilang jika rawa beralih fungsi.

Sulap Pempek Jadi Tumpeng di Keraton Kuto Besak Culinary Festival

Ada cuko pasti ada pempeknya. Makanan khas Palembang ini emang tak diragukan lagi kelezatannya. Tak heran kalau pempek menjadi salah satu makanan terfavorit di nusantara. Pemerintah Kota Palembang melalui Dinas Pariwisata Kota Palembang menyuguhkan berbagai kreasi pempek melalui Keraton Kuto Besak Culinary Festival, di halaman Museum Sultan Mahmud Badaruddin II, Sabtu (29/4/17).

Palembang akan Segera Miliki Area Skate Board

nah ada kabar bagus bagi pencinta skate board di Palembang. Pemerintah Kota ini segera membangun area skate board untuk mereka. Lokasinya di taman bawah Jembatan Ampera bagian Ilir. Wali Kota Palembang Harnojoyo, Jumat (28/4/2017) meletakkan batu pertama pembangunan area yang dinamakan Ampera Skate Park itu.

Poltekpar Palembang Beri Bantuan Kotak Sampah

Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Palembang melaksanakan pembersihan di lokasi wisata Benteng Kuto Besak (BKB), Jumat (28/4/2017) pagi. Kegiatan yang diikuti oleh mahasiswa, dosen dan staf ini masih dalam rangkaian Dies Natalis 1 Poltekpar Palembang pada 27 April kemarin. Poltekpar Palembang sebagai perguruan tinggi, menciptakan SDM profesional bidang pariwisata.

Program Shalat subuh Pak Wali Menuai Pujian

Wali Kota Palembang Harnojoyo dan Wakil Wali Kota Fitrianti Agustinda berkunjung ke Kampung Assegaf, di Jalan Ahmad Yani, Kelurahan Tangga Takat, Kecamatan Seberang Ulu II, Kamis (27/4/2017). Mereka disambut hangat tokoh dan warga di kampung yang terletak di pinggir Sungai Musi tersebut. Harnojoyo dan Fitrianti sendiri merasa nyaman dengan suasana di kampung yang mayoritas didiami warga keturunan Arab, itu.

Jalan HBR Motik Siap Diperbaiki

Pemerintah Kota Palembang melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PU PR) akan memperbaiki Jalan HBR Motik di Kelurahan Karya Baru, Kecamatan Alang-Alang Lebar. Jalan ini banyak yang retak dan berlubang. Di sebagian sisi kiri, jalan juga amblas karena dikeruk. “Segera kita perbaiki. Kondisi jalan bisa membahayakan pengendara yang melintas,” ujar Wakil Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda, saat meninjau jalan itu, Kamis (27/4/2017).

Wawako Berharap Semua Peserta UN Lulus 100 Persen

Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) akan digelar pada 2 Mei mendatang. Meski demikian, ada beberapa sekolah yang masih menerapkan ujian dengan menggunaan kertas dan pensil, sementara sebagian lagi sudah menerapkan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Terkait hal itu, Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda mengimbau pelajar agar mempersiapkan diri sebaik mungkin.

Finda Himbau Perusahaan Lebih Perhatikan Hak Tenaga Kerja Perempuan

Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda mengimbau perusahaan yang beroperasi di kota ini memperhatikan dan memenuhi hak-hak pekerja, terutama perhatian lebih terhadap tenaga kerja perempuan. Fitri berkesempatan untuk mengunjungi perusahaan Indofood Sukses Makmur (TBK) Palembang di Jalan HBR Motik KM 8 Kelurahan Karya Baru Kecamatan Alang-Alang Lebar (AAL), Kamis (27/4).

Presiden Apresiasi Kinerja Walikota Palembang

Dua program unggulan Pemerintah Kota Palembang, yakni sholat shubuh berjamaah setiap hari dan gotong royong setiap pekan, mendapat apresiasi dari orang nomor satu di Indonesia. Apresiasi dari orang nomor satu di Indonesia ini diberikan seusai Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2017 di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Rabu (26/4/2014).

Wawako Kunjungi Bayi Kembar Tiga

Wakil Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda mengunjungi tiga bayi kembar buah cinta pasangan Julian Simamora dan Mardalena Tugatorop, yakni Aldo Alexius Alcander Simamora, Alfred Alcander Simamora dan Alfonso Simamora di Rumah Sakit Myria Palembang, Rabu (26/4/17). Dalam kunjungannya tersebut, ia mengatakan agar ketiga bayi beserta orangtuanya mendapat pelayanan terbaik dari rumah sakit tersebut.

Palembang Selenggarakan Pet Festival Tingkat Nasional

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Palembang akan menyelenggarakan Palembang Pet Festival tingkat nasional. Acara yang ditunggu-tunggu para pecinta binatang se-nusantara ini akan digelar dalam rangka memeriahkan HUT Kota Palembang ke-1334 tahun 2017 ini. Bahkan kegiatan ini diklaim sebagai event pencinta hewan terbesar di Sumatera.

Harnojoyo ingin peserta STQ Harumkan Nama Kota Palembang

Pemkot Palembang melepas 16 peserta Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Tahun 2017 perwakilan 16 kecamatan se-kota Palembang, guna mengikuti lomba STQ di Pondok Pesantren ( Ponpes) Qodratullah, Kabupaten Banyuasin, Senin (24/4). Belasan peserta ini merupakan peserta terpilih karena akan bersaing dengan peserta se-Sumsel.

Wako tetap Komitmen dengan Program Gotong Royong

Wali Kota Palembang Harnojoyo mengharapkan Palembang jadi kota rujukan bagi daerah lain di Indonesia terkait gotong royong. “Ya. Kita maunya Palembang jadi tempat studi banding, jadi barometer kota yang berhasil menggerakkan gotong royong secara massal,” ujar Harnojoyo, dibincangi di sela-sela meninjau kegiatan gotong royong di Komplek Sangkuriang, Kelurahan Sako Kecamatan Sako. Minggu (23/4/2017).

Buktikan Kartini Selalu di Hati

"Gema Putri Kartini" peringatan Hari Kartini bersama Wakil Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinta di rumah pribadi Wakil Wali Kota Palembang Jalan Ki Ronggo Wirosantika, Jum'at (21/4). Acara ini ditutup dengan menyaksikan pemutaran film Kartini yang di perankan oleh Dian Sastrowardoyo di CGV Cinema.

Pesan Wawako untuk Para Kartini Modern, Jangan Menyalahi Kodrat

Ada puluhan wanita cantik yang berkumpul di bawah tenda tak jauh dari Taman Kota Kambang iwak. Atau posisi pasnya berada di halaman Rumah Dinas Wali Kota Palembang. Siapa mereka? Meraka adalah para Kartini modern. Yang mana mereka merupakan para wanita hebat berkiprah untuk kemajuan kota Palembang.

Sebelum Asian Games Bungalow Siap difungsiikan

Pemerintah Kota Palembang berencana menambah Bungalow di Pulau Kemaro. Hal ini diungkapkan Wakil Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda, saat berkunjung ke tempat itu, Rabu (19/4/2017). “Sekarang sudah ada 10. Rencananya kita tambah 20 bungalow lagi, serta fasilitas pendukung. Seperti ruang pertemuan, restoran, wahana permainan anak, maupun jet ski,” ujar Fitrianti.

Pengukuhan 50 Pengurus Masjid dan Mushalla

Sebanyak 650 pengurus masjid dan mushalla Kota Palembang 2017 dikukuhkan Wali Kota Palembang, Harnojoyo di Masjid Al-Falah Jalan Rajawali Kelurahan 9 ilir Kecamatan Ilir Timur II, Rabu (19/4/17). "Hari ini pengukuhan pengurus masjid dan mushalla. Ini baru yang pertama kalinya," kata Harnojoyo usai pengukuhan tersebut.

Wujudkan Kerjasama Ulama dan Umaro

Wali Kota Palembang, Harnojoyo membuka Musyawarah Daerah (MUSDA) ke-VIII Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Palembang di ruang rapat Parameswara Setda Kota Palembang, Rabu (19/4). Dalam hal ini, Harno berharap MUI bisa berkerjasama dengan Pemerintah Kota Palembang untuk membangun umat Islam di Palembang.

80 Guru Olahraga Ikut Pelatihan Kempo dan Panahan

Pemerintah Kota Palembang melalui Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kota Palembang mengelar Pengayaan Tenaga Pelatih Olahraga Prestasi Kempo dan Panahan Kota Palembang. Pembukaan kegiatan ini dilakukan di di Aula SMA Negeri 1 Palembang Jalan Srijaya Negara, Bukit Besar, Selasa (18/04).Pengayaan tenaga pelatih olahraga ini, melibatkan 40 pelatih cabang olahraga Kempo dan 40 cabang olah raga Panahan.

Dinas LKHK Kota Palembang Tergetkan Satu Kelurahan Satu Kampung Iklim

Sebanyak 150 orang mengikuti sosialisasi Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor P.48/MENLHK-SETJEN/KUM.1/11/2016 tentang Program Kampung Iklim yang diselanggarakan oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (LKHK) Kota Palembang di Grand Atiyasa, Selasa (18/4). Dalam hal Pemerintah Kota Palembang melalui Dinas LKHK menargetkan setiap kelurahan minimal memiliki satu Kampung Iklim.

Umat Islam di Palembang ikuti Dzikir dan Haul Kiai Marogan

Wali Kota Palembang, Harnojoyo, menghadiri Peringatan Haul Asy-Syeikh Kiai Abdul Hamid bin Asy-Syeikh Kiai Masagus H Mahmud atau Kiai Muara Ogan (Kiai Marogan) ke 116, di Masjid Kiai Marogan Jalan Kiai Marogan Kertapati Palembang, Minggu (16/4). Harnojoyo mengajak masyarat Islam di Palembang untuk meneladani Kiai Marogan. “Kegigihan beliau dalam berdakwah, akhlaknya, nilai perjuangannya, patut kita contoh.”

Palembang Harus Bebas TBC

Dinas Kesehatan Kota Palembang tergetkan penemuan kasus penyakit tuberculosis(TBC) meningkat 5 persen per tahunnya. Hal ini sesuai dengan intruksi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. "World Healt Organization (WHO) menergetkan 2050 bebas TBC, dan 2035 eliminasi kasus TBC, yakni 1/1 juta penduduk di dunia.

Pemkot Palembang Akan Bantu Fasilitas Sekolah Filial LPKA Pakjo

Pemerintah Kota Palembang akan memberikan bantuan falisilitas pendukung untuk sekolah filial di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas 1 Pakjo Palembang. Hal ini sesuai dengan yang diucapkan oleh Wakil Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda, saat kunjungan ke sekolah tersebut, Rabu (12/4/17).

Pemkot Palembang Sediakan Mobil Ambulans Gratis

Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda mewanti-wanti pengelola mobil ambulans di 16 kecamatan Kota Palembang untuk tidak memungut bayaran kepada warga yang butuh menggunakan mobil ambulans tersebut. “Ini bagian dari pelayanan pemerintah kepada warga. Jadi, jangan coba-coba pungut bayaran. Jika ada oknum yang melakukannya, segera lapor saya,” kata Fitrianti saat mengecek seluruh unit mobil ambulans di halaman Kantor Pemkot Palembang, Selasa (11/4/2017).

Wawako Membuka Orientasi Kepalangmerahan 2017

Kabar gembira bagi yang senang menolong sesama nih , Peluang bagi masyarakat khususnya anak muda di Kota Palembang yang ingin bergabung dengan Palang Marah Remaja (PMR). Nah, hari ini, Selasa (11/04), Wakil Wali Kota Palembang, sekaligus Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Palembang, Fitrianti Agustinda membuka Orientasi Kepalangmerahan Pengurus PMI Kota Palembang 2017 di Grand Atiyasa Convention Center.

Menikmati Pasar Seni di Kolong Jembatan Ampera

Hari ini perwajahan kolong Jembatan Ampera nampak berbeda, lebih cantik dan menarik. Jika sebelumnya tiap pukul satu siang hingga menjelang mentari kembali keperaduan, lokasi ini dipadati para pedagang dan pemburu pakaian pakaian bekas (BJ), mulai dari baju, celana, rok, jaket, tas, sepatu, kaos kaki hingga pakaian dalam.

Dirlantas Polda Sumsel Luncurkan 10 Program Kreatif

Jelang Asian Games 2018 Direktorat Lalulintas (Dirlantas) Polisi Daerah (Polda) Sumsel melaunching 10 program terobosan kreatif, Minggu (9/4/17) di Kambang Iwak. Program ini diluncurkan guna mendukung pelaksanaan pesta olahraga empat tahunan tersebut. "Tahun depan kita tuan rumah Asian Games kita perlu meningkatkan budaya tertib lalu lintas di wilayah Palembang," kata Dirlantas Polda Sumsel, Komisaris Besar Polisi, R Slamet Santoso usai acara tersebut.

Pasar Rakyat Dukung Palembang Emas

Pasar Rakyat Talang Banten berlokasi di Jalan KH Balkhi Lorong Banten IV RT 04, RW 01 Nomor 171 Kelurahan 16 Ulu Kecamatan Seberang Ulu II diresmikan, Jum'at (7/4/17). Melalui pasar rakyat ini diharapkan dapat mewujudkan cita-cita Pemerintah Kota Palembang (Pemkot) untuk menjadikan masyarakat sejahtera.

Atasi Cabai Mahal dengan Gertam

Pemerintah Kota Palembang melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan mencanangkan Gerakan Tanam (Gertam) Cabai di pekarangan rumah. Hal tersebut untuk mengatasi harga cabai yang kerap melambung tinggi. Wali Kota Palembang, Harnojoyo mengatakan kami menyambut baik gerakan ini. Selain untuk memenuhi kebutuhan cabai segar, juga dapat menambah penghasilan.

Tentara Manunggal Masuk Desa Palembang Diresmikan

Wali Kota Palembang, Harnojoyo dan Wakil Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda dan usur mufida menghadiri pembukaan Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke 98 2017 Kodim 0418 Palembang di Komplek Tanjung Barangan Indah Jalan Tanjung Barangan RT 01 RW 03 Kelurahan Bukit Baru Kecamatan Ilir Barat I, Rabu (5/4/17). Kegiatan ini berlangung hingga 34 hari ke depan.

Dubes AS Apresiasi Program Gotong Royong Walikota

Duta Besar (Dubes) Amerika Serikat Mr Joseph Donovan, kagum dengan program kerja Walikota Palembang H. Harnojoyo. Terutama program yang sedang berlangsung yakni Program Gotong Royong yang dilakukan bersama masyarakat Kota Palembang. Mr Joseph Donovan menghadiri undangan Wellcome Dinner bersama jajaran Pemkot Palembang di Rumah Dinas Walikota Palembang Jalan Tasik Palembang, Selasa (4/4/2017) malam.

HUT Satpol PP dan Satuan Linmas Palembang

Dirgahayu Satuan Polisi Pamong Praja (PolPP) ke 67 dan Satuan Pelindung Masyarakat (Linmas) ke 55. Dalam perayaan tersebut dengan gagah puluhan SatpolPP menunjukan keahlian bela diri di pelataran Benteng Kuto Besak (BKB), Selasa (4/4). Bahkan, ada juga beratrakrasi mematahkan besi, memecahkan es balok besar berlapis tiga, dan menghancurkan tumpukan batako berlapis dengan tangan kosong.

Wakil Walikota Undi Kios dan Los Pasar Talang Kelapa

Untuk memenuhi asas keadilan, Pamerintah Kota Palembang melakukan pengundian kios dan los Pasar Talang Kelapa, Selasa (04/04/2017) di halaman Pasar Talang Kelapa. Dalam pembagian ini, Wakil Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda hadir di tengah-tengah masyarakat terlibat langsung dalam membantu proses pengundian tersebut.

Jelang Bonn Challange Palembang Harus Cantik

Pemerintah Kota Palembang membantu menyukseskan Bonn Challenge Asia Regional High Level Roundtable 2017 di Sumsel. Dalam hal ini, Pemkot Palembang diminta untuk menampilkan perwajahan kota sebaik mungkin. Sekretaris Daerah Pemerintah Kota Palembang, Harobin Mustafa mengatakan tugas kita mempercantik kota Palembang agar tetap terlihat indah dan rapih.

Layanan Kesehatan Tradisional Harus Terstandar

Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda menghimbau pecinta hewan di kota ini untuk melestarikan hewan lokal. Hal ini diungkapkannya seusai membuka acara ‘National Cat Show’ di Lippo Mall Jakabaring, Palembang, Sabtu (1/4/2017). Menurut Fitrianti, pecinta hewan sebaiknya jangan hanya memelihara kucing dari luar (impor) dari negara lain.

Wako dan Wawako Resmikan Rumah Qur'an

Merdunya Lantunan ayat-ayat suci Al Qur'an yang dilantunkan puluhan anak-anak yang belajar mengaji. Bahkan anak-anak yang akan menjadi hafiz atau penghafal Al Qur'an ini begitu kusyuk membaca doa dalam peresmian Rumah Quran dan Yatim Nurul Huda di Jalan KH Azhari Lorong Nurul Huda Kelurahan Tangga Takat Kecamatan SU II Palembang, Kamis (30/3/2017).

Dishub Palembang Bahas Transportasi Konvensional-Online

Dinas Perhubungan Kota Palembang menggelar rapat terbatas tentang transportasi konvensional dan transportasi online, Rabu (29/3/2017). Rapat dipimpin Kadishub Palembang Kurniawan di ruang rapat Dishub, dan dihadiri stakel holder transportasi. Antara lain dari Organisasi Angkutan Darat (Organda), pengelola taksi konvensional dan taksi online, serta kepolisian.

Wawako tindak lanjut Keluhan Masyarakat

Pemerintah Kota Palembang menindaklanjuti keluhan masyarakat terkait retribusi penggunaan toilet di Palembang Square Mall. Rabu (29/3/2017), Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda datang ke Mal PS dan langsung menuju toilet, dari lantai satu hingga lantai tiga. Kepada manajemen Mal PS, Wawako Fitrianti meminta agar pihak mal tidak memungut retribusi toilet.

Wawako Serahkan Bantuan Kepada Siswa Tak Mampu

Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda, menyerahkan Bantuan lewat Program Palembang Cerdas secara simbolis di halaman SD 141. Sebanyak 25 pelajar di Sekolah Dasar Negeri 141 Palembang, Kelurahan 23 Ilir, Kecamatan Bukit Kecil, mendapat bantuan masing-masing Rp 300 ribu dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Palembang, Rabu (29/3/2017).

Walikota Himbau Masyarakat Jaga Kebersihan Sungai Agar Tak Beralih Fungsi

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera VIII (BBWSS VIII), Jarot Widyoko, mengatakan sangat prihatin melihat kondisi anak sungai di Palembang yang banyak tercemar limbah dan beralih fungsi. Menurut Jarot, kendati Wali Kota Palembang Harnojoyo memberi teladan dengan terjun langsung membersihkan sungai dan anak sungai serta drainase tiap minggu, kondisi sejumlah anak sungai di kota ini masih belum bagus.

Harnojoyo Apresiasi Kurikulum Al Alifah

Wali Kota Palembang Harnojoyo meresmikan SMP Islam Al-Alifah Palembang, sekaligus mengikuti Milad Khalifah Alifah ke-6, Sabtu (25/3/2017) di Jalan Beringin Raya, Jakabaring. Peresmian ini ditandai dengan pelepasan burung merpati. Harnojoyo menyambut baik berdirinya Sekolah Al Alifah. “Satu lagi sekolah di Palembang berdiri. Ini luar biasa.

Walikota Beri Stiker dan Kotak Sampah Gratis untuk Angkot

Wali Kota Palembang Harnojoyo menyetop sebuah angkutan kota di jurusan Sayangan – Lemabang yang melintas di Jalan Slamet Riyadi, depan Kantor Dinas PU Penataan Ruang Kota Palembang, Jumat (24/3). Di tangan Harnojoyo ada kotak sampah merah. Si sopir tampak kaget. Apalagi, tak lama berselang, angkotnya dikerubuti puluhan awak media, para pejabat Pemkot dan petugas Dishub Palembang.

Cegah Korupsi, RSUD Palembang BARI Lakukan Penandatanganan Pakta Integritas

Pemerintah Kota Palembang berkomitmen tinggi untuk menciptakan setiap lembaga yang bersih dan bebas korupsi, terkait hal ini dilakukan Penandatanganan Pakta Integritas bagi Administrator, Pengawas, Staf Medis Fungsional, dan Kepala Ruangan di Rumah Sakit Daerah (RSUD) Palembang BARI, Kamis (23/03/2017) di aula pertemuan lantai 2 RSUD Palembang BARI Jalan Panca Usaha.

Bakal Ada Sosialisasi Pajak Door to Door di Kalangan Pejabat

Farewall Tax Amnesty Kantor Wilayah Direktorat Jendral Pajak Sumsel Babel melakukan sosialisasi door to door ke pelaku usaha di Pasar 16 Ilir Palembang, Rabu (22/03/2017). Terkait hal ini, Pemerintah Kota Palembang pun mengharapkan kegiatan serupa untuk digelar di kalangan pejabat daerah. Kegiatan ini door to door ke masyarakat, kami juga berharap bisa dilakukan door to door ke pejabat Pemerintah Kota Palembang.

Walikota Buka REALESTAT EXPO 2017

Guna mempercepat pembangunan, Wali Kota Palembang Harnojoyo dukung kinerja Realestat Indonesia (REI), salah satunya terkait pengurusan Izin Pendirian Bangunan (IMB). Hal ini diungkapkan dalam pembukaan Realestat Expo 2017, Selasa (21/03/2017) di atrium Palembang Square (PS) Mall."Terkait perumahan ini, dukungan dari pemerintah pusat begitu banyak, kami tidak kalah, ikut berkontribusi, di antaranya IMB hampir 90 persen kurangi," ujar Harno

KAKTUS, Lahirkan Generasi yang Handal

Bicara tentang persaingan di dunia pendidikan, banyak cara yang bisa dilakuin. Salah satunya dengan mengikuti Kompetisi Akuntansi dan Seminar Nasional (KAKTUS) 2017 di Gedung Graha Pendidikan Politeknik Sriwijaya Palembang, Selasa (21/3). Kegiatan yang mengusung tema ‘Alternative Economic System as a Support for Nasional Economy’ ini diikuti oleh delapan provinsi, 12 Perguruan Tinggi, dan 24 team.

Hotel Pengaruhi Kemajuan Pariwisata

Akhir-akhir ini pembangunan di Kota Palembang terus berkembang pesat, termasuk salah satunya pembangunan hotel. Rupanya pertumbuhan hotel berdampak positif bagi sektor pariwisata. Kepala Dinas Pariwisata Palembang, Isnaini Madani menyebutkan ada tiga faktor pendukung sektor wisata, yakni; pertama, akses yang baik untuk menuju daerah wisata, seperti akses penerbangan yang bagus.

Ibu Wawako Mendongeng di Peringatan Hari Air Dunia

Wakil Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda unjuk kebolehan dengan mendongeng di hadapan ratusan anak PAUD dalam Peringatan Hari Air Dunia XXV 2017 bersama Adhya Tirta Srjwijaya (ATS) di komplek Grand City, Jum'at (18/03/). Dalam acara tersebut juga menghadirkan Pendongeng Nasional, Awam Prakoso.

Wawako Dukung Kegiatan yang mengasah kreatifitas Anak

Wakil Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda meresmikan Sumeks Creative Preneurship Student Fair 2017 di Palembang Indah Mall, Jum'at (17/03/2017). Melalui kegiatan tersebut diharapkan merangsang kreatifitas anak bangsa. Kegiatan yang berlangsung mulai 17-16 Maret 2017 diikuti oleh sekolah-seolah di Palembang yang mengisi 26 stand yang telah disediakan panitia.

Makam Bersejarah Perlu di Lestarikan

Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda mengatakan perlu ada upaya yang keras untuk melestarikan makam-makam bersejarah di kota ini. Soalnya, dari hasil peninjauannya secara langsung, banyak makam-makam bersejarah di Palembang kondisinya tidak terawat. “Yang berkaitan dengan sejarah harus diselamatkan, dirawat,” ujar Fitrianti, Jumat (17/3/2017).

Pemkot Palembang Akan Sediakan Tempat Jualan Produk Bank Sampah

Guna memfaslitasi para pelaku bank sampah. Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang akan menyediakan tenpat khusus untuk memasarkan produk bank sampah. Hal ini sesuai dengan arahan Direktur Pengolahan Sampah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Sudirman. Wali Kota Palembang Harnojoyo siap membantu pelaku UMKM dan pengelola Bank Sampah di kota ini.

Kasus KDRT harus Tercacatat, Dinas Terkait akan adakan Sosialisasi

Upaya melindungi perempuan, Pemerintah Kota Palembang melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Pemberdayaan Masyarakat (PP, PA dan PM) gelar sosialisasi pencatatan dan pelaporan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) di Grand Atyasa, Selasa (14/03/2017). Terdapat 50 orang peserta, yang mengikuti kegiatan ini dari delapan kecamatan perwakilan setiap kelurahan, termasuk dari unsur kesehatan, yakni Puskesmas.

Bolos Gotong Royong, Harnojoyo beri Sanksi Pejabat Pel Trotoar

Wali Kota Palembang Harnojoyo menepati janjinya untuk memberikan sanksi kepada pejabat yang tidak ikut gotong royong Minggu lalu. “Sebagai hukumannya pejabat yang tanpa keterangan tidak mengikuti gotong royong kita suruh ngepel jalan Jenderal Sudirman,” kata Harnojoyo, Selasa (14/3/2017)usai mengumpulkan pejabat yang malas goro di jalan Jenderal Sudirman usai melaksanakan sholat subuh berjamaah di Masjid Ar Rahman Kelurahan Srijaya Kecamatan Alang-Alang Lebar.

Pasar Talang Kelapa Segera Beroperasi

Meski sejumlah lapak belum terisi penuh. Pasar Talang Kelapa di Kecamatan Alang-Alang Lebar akan segera beroperasi. Pengundian kios dan los akan dilakukan minggu depan. Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda kota Palembang, Dharma Budi menyebutkan kapasitas kios 29, jumlah pendaftar 100 orang. Artinya ada 71 orang yang tidak dapat. Sedangkan untuk kapasitas los kering 36 terisi 35 unit, los basah 58 unit, terisi 24. Jadi, masih tersisa 35 los yang belum terisi.

Padati Plaza BKB, Masyarakat Antusias Saksikan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ)

Ribuan orang memadati Plaza Benteng Kuto Besak, Sabtu (11/3/2017) malam. Mereka antusias mengikuti rangkaian acara pada pembukaan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Kota Palembang Tahun 2017. Hadir dalam acara ini, antara lain, Wali Kota Palembang Harnojoyo, Wakil Wali Kota Fitrianti Agustinda, Ketua DPRD Palembang Darmawan, Wakil Ketua DPRD Muliadi, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Palembang Selviana Harnojoyo, para tokoh agama dan tokoh masyarakat pejabat di OPD Pemkot Palembang.

Dinas Pariwisata Palembang Target Tembus 12 Ribu Wisman

Dinas Pariwisata Kota Palembang menaikan target kunjungan wisatawan. Hingga akhir tahun ini diharapkan tembus diangka 12.000 wisatawan mancanegara (wisman) dan 2.100.000 wisatawan nusantara (wisnus). Kepala Dinas Pariwisata Palembang, Isnaini Madani mengatakan target ini jauh lebih kecil di banding dengan daerah yang maju wisatanya, seperti Bali. Kalau target ini tercapai bisa kita naikkan lagi.

Tumbuhkan Budaya Literasi Siswa dengan Pelatihan Jurnalistik

Guna mengasah keterampilan menulis, sejumlah siswa di SMP Negeri 12 Palembang mengikuti chouching jurnalis, sekaligus digelar pemilihan guru terfavorit, Jum\\\'at (10/03/2017) di Jalan Mataram Nomor 243 Kelurahan kemas Rindo Kecamatan Kertapati. Kepala Dinas Pendidikan Palembang, Ahmad Zulinto mengatakan dengan belajar jurnalistik dapat memotivasi menulis, dan mengambangkan karya tulis para siswa dan sisiwi di sekolah.

Pemkot Palembang Dan TPID Bahas Inflasi Dan Pertumbuhan Ekonomi

Tim Pengandali Inflasi Daerah (TPID) berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Palembang untuk menekan laju inflasi di Palembang. Dalam hal ini, ditargetkan inflasi maskimal di angka 4 persen plus minus 1 hingga akhir tahun. Hal ini mengemuka dalam rapat koordinasi TPID dengan Organisasi Perangkat Daerah Pemkot Palembang, Kamis (9/3/2017) di Balai Kota Palembang.

Kenalkan Kain Tradisional, Pemkot Akan Terbitkan Buku

Upaya melestarikan produk khas Palembang, Pemerintah Kota Palembang akan membukukan dan memasukan kain tradisional khas kota ini dalam kurikulum sekolah. “Kain-kain tradisional ini ada sejarahnya. Kita perlu mengetahuinya. Karena ternyata songket ada makna filosofisnya,” ujar Wakil Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda, saat berkunjung di Centra Tenun dan Tajung Jalan Aiptu Wahab, Kelurahan Tuan Kentang, Kecamatan Seberang Ulu I, Kamis (9/3/2017).

Palembang Terus Upayakan Penataan Kawasan Kumuh

Pemerintah Kota Palembang terus berupaya menangani kawasan kumuh. Salah satunya melalui Program Neighborhood Upgrading and Shelter Project (NUSP). NUSP adalah program pemerintah pusat berupa bantuan perbaikan kawasan kumuh bagi kelurahan-kelurahan. Bentuk perbaikan berupa pembangunan infrastruktur, saluran jalan, kotak sampah serta drainase.

Ormas Perempuan di Palembamg Andil Perangi Narkoba

Diakui peran perempuan sangat penting dalam melindungi keluarga dari hal yang tak diinginkan misalnya seperti penyalahgunaan narkoba. Hal ini disampaikan Brigjen Polisi DR Victor, narasumber dari Badan Narkotika Nasional. Dikatakan Victor, ibu harus menjadi intel di keluarga, dengan demikian penyalahangunaan narkoba oleh anggota keluarga dapat terdeteksi sejak dini.

Pesan Wawako Fitrianti Agustinda untuk Pelajar di SMP Negeri 22

Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda memberikan arahan positif kepada para pelajar. Ia juga mewanti-wanti betul pelajar untuk tidak terlibat tawuran dan narkoba. “Narkoba itu merusak. Saya ingatkan pelajar untuk tidak mencoba-coba narkoba barang haram ini. Tawuran itu juga merusak. Jangan tawuran anak-anakku,” ujar Fitrianti, di SMP Negeri 22 Palembang, Rabu (8/3/2017).

Penilaian Adipura Diperketat, Palembang Harus Berbenah

Kota Palembang harus berbenah, pasalnya kriteria penilaian untuk menyabet penghargaan Adipura oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan lebih diperketat. \"Penilaian turun, kenapa turun? saya sampaikan bapak dan ibu, karena kriteria lebih diperketat, ada beberapa poin yang belum bagus. Seharusnya pemerintah sudah tahu.

Palembang Sumbang Penerimaan Pajak Terbesar

Kota Palembang berkontribusi besar dalam penerimaan pajak di Kantor Wilayah Direktorat Jendral Pajak (DJP) Sumsel Babel. Tercacat lebih dari setengah penerimaan pajak disumbang dari wajib pajak (WP) di Kota Palembang. Dikatakan oleh Kepala Direktorat Jendral Pajak Kantor Wilayah Sumsel Babel, M Ismiransyah M Zain, “Dari target pajak Rp15,9 trilyun tercapai 12 persen, dan pencapaian 12 persen lebih dari 50 persen berasal dari Kota Palembang “.Jelasnya

Tim OCA Tinjau Venue di Jakabaring Sport City

Jelang Asian Games 2018, rombongan Olympic Council of Asian (OCA) dan Indonesia Games Asian Games Organizing Commitee (INASGOC) XVIII meninjau langsung nevue-venue Asian games 2018 di Jakabaring Sport City,Minggu (5/02/2017). Selanjutnya rombongan OCA menuju Griya Agung untuk melakukan rapat koordinasi komite OCA ke 6.

Wawako Resmikan SIT Tarbawi

Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda meresmikan gedung Sekolah Islam Terpadu (SIT) Tarbawi, Yayasan At Tarbawi, Sabtu (04/02/2017) di Jalan Musyawarah 1 Kelurahan Sialang Kecamatan Sako. Dalam hal ini, Fitri sangat mendukung keberadaan sekolah-sekolah Islam. Pihaknya pun terus mendorong pertumbuhan sekolah seperti ini di Kota Palembang.

Wawako Bahas Kerjasama dengan Bank BJB

Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda meresmikan relokasi Relokasi Kantor BJB Cabang Palembang dari Jalan Sudirman, KM 3,5 ke Jalan HM Rasyid Nawawi, Jam\\\'at (03/03/2017). Dalam kesempatan itu, dibahas pula tentang rencana kerjasama antara Pemerintah kota Palembang dan Bank BSB. Firtianti Agustinda berharap dengan kehadiran Bank BJB diharapkan dapat memberikan kontribusi yang lebih baik untuk mendukung perekonomian guna mensejahterakan masyarakat Kota Palembang.

Berantas Korupsi dengan Kebijakan Satu Peta

Dalam rangka pencegahan tindak pidana korupsi, perlu memberlakukan kebijakan satu peta, salah satunya mengunakan informasi geospasial. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Badan Informasi Giopasial (BIG), Prof Dr Hasanuddin Z Abidin dalam acara Launching Integrity Dashbord bersama PPK dalam Workshop Kolaborasi Tunas Integritas 1 Tahun 2017 di Hotel Aryaduta, Kamis (02/03/2017).

Latih Pemuda Untuk Jadi Pengusaha di Bidang IT

Dengan mengusung tema Sosial media strategi for human resource trategi pengembangan potensi sumber daya manusia (SDM ) ilmu dan teknologi, pelatihan kepemudaan yang digelar oleh Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemerintah Kota Palembang diharapkan dapat melahirkan generasi hebat dan mandiri. “Saya teringat dengan perkataan Presiden RI pertama, Soekarno, bahwa beri aku sepuluh pemuda akan kuguncang dunia. Sedangkan hari ini ada 100 pemuda, tentu akan lebih hebat lagi,” kata Harnojoyo.

Walikota Tegur Pedagang Buang Sampah Sembarangan

Mobil Walikota Palembang mendadak berhenti , saat melintas di jalan AK Gani, Selasa (28/2/2017). Harnojoyo yang berpenampilan necis, dengan jas dan dasi, lantas turun dan mendekati mobil jenis Avanza putih yang terpakir di depan rumah sakit. Emosi tampak diraut wajah orang nomor satu dikota Palembang, pasalnya Adalah sampah yang berserakan di sekitar mobil yang menjadikan suara Harnojoyo meninggi saat menegur penjual makanan dalam mobil itu. Penjualnya seorang wanita.

Pemkot Beri Intensif Guru Honorer

Guru honorer di metropolitan patut berbahagia, pasalnya Pemerintah Kota Palembang (Pemkot) melalui Dinas Pendidikan memberi tambahan intensif untuk pahlawan tanpa tanda jasa ini. Kepala Dinas Pendidikan Palembang, Ahmad Zulinto mengatakan hari ini 398 guru honorer kategori 2 sah diberi intensif Rp500 ribu per tri wulan dibayar. Intensif ini juga diperuntukkan bagi guru yang bertugas di daerah terpencil.

HUT Ke-16, BPOM Ajak Masyarakat Menjadi Pembeli Cerdas

Peringatan HUT Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) ke 16 di Kambang Iwak, Minggu, (26/02/20117) berjalan meriah. Dalam moment berharga itu BPOM mengajak masyarakat untuk cerdas dalam membeli. Adapun yang gelar dalam acara tersebut meliputi, senam bersama, donor darah, cek kesehatan dan minum jamu bersama. Sebelumnya diadakan juga pertandingan olah raga internal antar pagawai PBOM.

Harnojoyo : Jangan Lupakan Permainan Tradisional

Raut bahagia yang terlihat dari wajah Wali Kota Palembang yang sedang asik memainkan mainan tradisional. Ia berjalan pelan di rerumputan, tanpa sandal, tapi teratur dan mantap. Di kakinya ia mengenakan terompah kayu yang panjangnya sekira 40 meter. Harnojoyo memegang erat tangan seorang pelajar SD. Di belakang pelajar itu, ada dua orang lagi. Tangan pelajar pertama juga dipegang teman belakangnya. Begitu seterusnya.

Empat Pesan Pak Wali Untuk Siswa

Wali Kota Palembang, Harnojoyo mengukuhkan Gerakan Hebat Anti Narkoba (GERHANA) masa jabatan 2017-2018 di SMK PGRI 2 dan SMP PGRI 11, Sabtu (25/02/2017) di Jalan Sapta Marga Nomor 30. Pada kesempatan itu, Harnojoyo mengamanatkan empat pesan untuk seluruh pelajar yang mengahadiri acara tersebut, yakni: menjaga kebersihan, mengukir prestasi, jangan tawuran dan jauhi narkoba.

Tanpa Perda, Retribusi Asing Tak Dapat Ditarik

Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Palembang kesulitan menarik retribusi Tenaga Kerja Asing (TKA). Oleh karena itu, Peraturan Daerah (Perda) yang pengatur tentang TKA harus segera di diberlakukan. Kebid Penempatan dan Perluasan Tenaga Kerja Disnaker Palembang, Ramali mengatakan Perda tentang Izin Mempekerjakan Tanaga Asing (IMTA) sudah disahkan dipertengahan tahun lalu, sekarang sedang proses penomoran.

Sertifikasi Tingkatkan Daya Saing SDM

Tenaga kerja Indonesia harus berdaya saing agar tidak kalah dari negara lain. Apalagi di era globalisasi saat ini. Pusat Pengembangan Literasi dan Profesi Sumber Daya Manusia (SDM) Informatika (PPLPSI) mengelar Fasilitasi Berbasis Sertifikasi Standar Kopentensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) untuk angkatan kerja muda. Kegiatan ini mulai 22-24 Februari 2017 di Hotel Aston Palembang.

LPKA dan Pemkot akan Utamakan Pendidikan

Kepala Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Palembang, Endang Lintang Hardiman, mengatakan, sejak berubah dari Lapas Anak menjadi LPKA, pihaknya mengutamakan aspek pendidikan. Hal ini penting karena pendidikan akan mengarahkan anak binaan di lembaga itu lebih baik lagi ke depannya. Ia menerangkan, pihaknya terus meningkatkan pengawasan terhadap anak-anak binaan ini. Sejumlah aturan ditegakkan.

Bangun WC Komunal untuk Warga Bantaran Musi

Daerah di bantaran Sungai Musi Palembang akan dibangun WC komunal, melalui program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku). Program ini merupakan program nasional yang diinisiasi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, untuk mengurangi luasan permukiman kumuh. Program Kotaku sendiri menitikberatkan pada pembenahan infrastruktur. Sesuai target dari RPJMD Nasional, program Kotaku diharapkan mampu mengurangi pemukiman kumuh hingga di angka 0 persen tahun 2019 mendatang.

Hidupkan Kembali Sastra, Dewan Kesenian Palembang Promosikan Wisata

Sastra itu bisa jadi sarana promosi wisata. Hal ini dikatakan Ketua Dewan Kesenian Palembang (DKP), Vebri Al-Lintani, dalam penutupan Kelompok Cinta Menulis (KCM) IX Forum Lingkar Pena (FLP) di Jalan Seruni, Minggu (19/2/2017). Menurut Vebri, bahasa sastra merupakan ilmu komunikasi yang terbaik. Sastra itu lintas etnis dan lintas waktu. Seperti legenda Pulau Kemaro tentang kisah percintaan Tan Bun An dan Siti Fatimah adalah karya sastra belaka, namun banyak orang yang percaya dengan cerita ini.

Normalisasi Sungai Kubu Agar Tak Banjir

Pemerintah Kota Palembang akan menormalisasi Sungai Kubu atau Sungai Kebudayaan. Sungai ini berlokasi di Jalan Guberrnur HA Bastari, di RT 22, RT 26, Kelurahan Silaberanti, Kecamatan Seberang Ulu I. Wali Kota Palembang Harnojoyo, bersama pejabat Pemkot, relawan dan masyarakat bergotong royong di tempat ini, Minggu (19/2/2017).

Fitrianti: Saya Akan Membawa PMI Jadi Lebih Baik

Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda secara resmi membuka kegiatan Donor Darah Palang Merah Indonesia (PMI) Kecamatan Kalidoni, Kamis (16/2/2017), di Balai Kantor Camat Kalidoni Jalan Talang Gading. Hadir dalam acara ini, antara lain, Plt. Kepala Dinas Sosial Kota Palembang, Sadaruddin, Kadis Pemuda dan Olahraga Palembang, Heri Aprian, Plt Kepala Dinas Kesehatan Palembang, dr Letiza dan Camat Kalidoni, Tri Septiawan.

Dinkes Ajak Masyarakat Berperilaku Bersih dan Sehat

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang dr Letizia mengingatkan masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat. Kementerian Kesehatan, kata Letizia, memprogramkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GEMAS). Antara lain melalui senam, menimbang bayi, mengunakan jamban, cuci tangan pakai sabun.

Serap Aspirasi Kecamatan IT I Gelar Musrenbang

Kecamatan Ilir Timur I (IT I) mengelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2017 di Aula kantor kecamatan itu, Jalan Mayor Santoso, Selasa (14/2/2017). Acara tersebut menghadirkan seluruh lurah, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPEDA), anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Palembang, Kantor Urusan Agama (KUA), dan Polsek IT I.

Herlina : Terima kasih Ibu Wawako

Pemerintah Kota Palembang akan membedah rumah Lina Herlina, 44 tahun dan adiknya Novita. “Rumah ini sudah sangat tidak layak, tertiup angin saja bisa roboh, sangat berbahaya sekali. Kita akan segera bangun baru. Kita bedah melalui program Baznas Pemkot Palembang,” ujar Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda, saat mengunjungi rumah Herlina, di Jalan Perintis Kemerdekaan, RT 24, Kelurahan Duku, Kecamatan Ilir Timur II, Selasa (14/2/2017).

Wawako: Pemkot Palembang siap memfasilitasi Rayhan berobat

Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda membesuk Muhammad Rayhan Saputra, 5 tahun, di rumahnya di Rusun Blok 19 Lantai I, Kelurahan 24 Ilir Kecamatan Bukit Kecil, Selasa (15/2/2017). Rayhan adalah penderita hidrosefalus (pembesaran kepala). Putra keempat dari pasangan Zainal dan Farida ini berjuang melawan hidrosefalus sejak usia 15 hari.

Diknas Palembang Siapkan Guru untuk Sekolah Inklusif

Pemerintah Kota Palembang terus mengembangkan sekolah inklusif untuk anak berkebutuhan khusus. Antara lain dengan menyiapkan guru bertaraf nasional. “Tidak setiap guru bisa mengajar anak-anak berkebutuhan khusus. Perlu keahlian khusus, dan kesabaran yang lebih,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang, Ahmad Zulinto, Senin (13/2/2017).

Palembang Tetap Komitmen Pendidikan Gratis

Wali Kota Harnojoyo menyatakan Pemerintah Kota Palembang sangat perhatian dengan aspek pendidikan. Ini dibuktikan dengan alokasi dana yang disiapkan Pemkot Palembang untuk pendidikan, yang melampaui ketentuan 21 persen dari yang diamanatkan Undang-Undang. Dari total Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) kota Palembang senilai Rp 3,2 triliun, “Sekitar 38 persen alokasi untuk pendidikan,” ujar Harnojoyo di SD Negeri 129 Palembang, Senin (13/2/2017).

Festival Palembang Bingen Patut di Apresiasi

Festival Palembang Bingen dalam Bingkai Emas bersama Pemerintah Kota Palembang, di Balai Kota Palembang, Jum\\\'at (10/02/2017) berlangsung seru. Kegiatan yang dimotori Dinas Pariwisata Palembang, dan berlangsung selama hingga 20 Februari, ini menyuguhkan sejumlah acara. Antara lain, lomba foto pariwisata, pameran foto, workshop, lomba lukis tingkat pelajar, lomba lukis unik (di kain jumputan, piring,), hingga pasar terapung.

Wawako : STOP Kekerasan Terhadap Anak !

Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda, Kamis (9/2/2017) siang di Kelurahan Karang Anyar, Kecamatan Gandus menjenguk K, (10 tahun). Fitrianti disambut ibu, kakak dan sejumlah tetangga K di rumah kontrakan kayu itu. Kondisi rumah kecil dan cukup memprihatinkan. “Tadi (Wawako Fitrianti, red) ngomong jangan main jauh-jauh. Terus, jangan main dengan orang yang aneh-aneh,” ujar K, saat penulis bincangi di rumahnya, setelah Wawako Fitrianti dan rombongan pulang.

Harnojoyo : Kito Harus Tetep Jago Kebersihan Kota Palembang

Wali Kota Palembang Harnojoyo mengingatkan dan mewanti-wanti jajarannya untuk terus menjaga kebersihan lingkungan dan menggerakkan masyarakat peduli lingkungan. Hal itu diungkapkan Harnojoyo, usai memimpin rapat menghadapi penilaian tahap kedua Adipura, di Ruang Parameswara Setda Kota Palembang, Kamis (9/2/2017).

Wako dan Wawako Berdialog langsung dengan RT dan RW

Warga menyambut dengan hangat kedatangan Wali Kota Palembang Harnojoyo dan Wakil Wali Kota Fitrianti Agustinda, dengan santai mereka berdialog dengan Ketua RT dan RW serta tokoh masyarakat di Kelurahan Talang Aman dan Pipa Reja. Acara itu dipusatkan di Graha 66, Jalan Super Semar, Kelurahan Pipa Reja, Kecamatan Kemuning, Kamis (9/2/2017).

Petani dapat bantuan 10 Ribu Polybag dari Pemkot Palembang

Ini kabar bagus bagi petani di Palembang. Pemerintah kota ini, melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, akan memberikan bantuan 10 ribu polybag untuk mereka. Hal ini dikemukakan Wakil Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda, dalam acara tatap muka dengan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Wilayah Balai Penyuluhan Pertanian Talang Betutu, di halaman UPTD BPP Wilayah Talang Betutu, Jalan BPP, RT 17 RW 05 Kelurahan Talang Jambe Kecamatan Sukarami, Kamis (9/2/2017).

Palembang Jadi Referensi Madiun

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Madiun, Provinsi Jawa Timur, akan menjadikan Kota Palembang sebagai referensi dalam sistem tata kelola pemerintahan. Hal ini diungkapkan oleh Ketua Komisi II DPRD Kota Madiun, H Ngedi Trisno Yhusianto, di Balai Kota Palembang, Rabu (8/2/2017). Dikatakan Ngedi, Palembang merupakan kota besar yang memiliki tata kelola pemerintahan sangat baik untuk ditiru, terutama pengelolaan keuangan.

Tuan Kentang Akan Jadi Kampung Kain

Pemerintah Kota Palembang melalui Dinas Perindustrian, bekerja sama dengan Bank Indonesia (BI) akan menjadikan kawasan Tuan Kentang, Kecamatan Seberang Ulu 1 Palembang, sebagai kampung kain. “Gedung untuk galerinya sudah disiapkan. BI juga membantu Rp 2,4 miliar,” ujar Kepala Dinas Perindustrian Kota Palembang, Masripin Thoyib, Selasa (7/2/2017).

Pemkot Palembang Siapkan Dokter di Pustu

Pemerintah Kota Palembang melalui Dinas Kesehatan menyiapkan dokter untuk melayani masyarakat di puskemas pembantu (pustu). Wali Kota Palembang, Harnojoyo, mengatakan, saat ini di Palembang ada 70 pustu. Tetapi, pelayanan belum maksimal. Karena selama 20 tahun lebih puskesmas tidak dilayani dokter, hanya ada perawat dan bidan.

Jangan Sampai Sungai Juaro Hilang

Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang telah memetakan relokasi aliran tiga sungai sepanjang aliran Sungai Selayur, Kecamatan Kalidoni, Palembang yang bertemua muara di Sungai Juaro Kelurahan Sei Selayur Kecamatan Kalidoni yang telah berusia ratusan tahun yang dulunya dapat dilalui perahu – perahu nelayan.

Pemkab Dharmasraya Belajar ke Palembang

Jajaran Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, Provinsi Sumatera Barat, berkunjung ke Pemerintah Kota Palembang, Kamis (2/2/2017). Rombongan dipimpin langsung Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan. Mereka disambut Sekretaris Daerah Kota Palembang Harobin Mastofa dan jajaran Pemkot Palembang di ruang Parameswara.

Peran Guru Pengaruhi Prestasi Siswa

Prestasi anak sangat dipengaruhi oleh guru. Pernyataan ini diungkapkan Kepala Seksi Kurikulum SMP Dinas Pendidikan Kota Palembang, Hamsir di ruang kerjanya, Rabu (01/2/2017). Hamsir mengatakan, penelitian Profesor Jhon Hattie dari Universitas Auckland, Selandia Baru, menyebutkan ada faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi siswa.

Wawako minta PolPP Segel Studio 6 CGV BLITZ

Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda langsung melakukan inspeksi mendadak (sidak) setelah mengetehaui bahwa ada bioskop yang studionya seperti springbed. Studio yang diketahui memiliki sekat khusus seperti kamar ini terletak paling ujung dengan nomor 6. Setelah memasuki studio tersebut Wawako dan rombongan dibuat terperangah saat melihat konsep tempat duduk yang berbeda dengan bioskop pada umumnya.

NKRI Harga Mati

Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) siap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhineka Tunggal Ika. Hal ini diungkapkan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) LVRI Sumsel, Marsma TNI (Purn) Ir Robert Siagian, MM, pada peringatan HUT LVRI ke-60, di gedung DPD LVRI Sumsel di Jalan Rajawali, Selasa (31/1/2017).

Investor Prancis Lirik Palembang

Kota Palembang, menjadi magnet bagi negara-negera asing untuk berinvestasi. Prancis salah satunya. Negara ini menawarkan kerja sama dengan Pemerintah Kota Palembang penyediaan fasilita publik yang andal dan modern. Hal ini terungkap dalam workshop City of Tomorrow, di Aula Parameswara Setda Kota Palembang, Senin (30/1/2017).

PALEMBANG BAWA PULANG PENGHARGAAN WTN

Kota Palembang kembali raih Wahana Tata Nugraha (WTN), penghargaan bidang transportasi ini merupakan Prestasi yang membanggakan bagi Kota Palembang dan Masyarakat Kota Palembang. Kepala Dishub Kota Palembang, Kurniawan menyampaikan, diraihnya WTN Kencana oleh Kota Palembang, setelah pihaknya mendapat undangan dari Kementrian Perhubungan (Kemenhub) kemarin, dengan nomor surat UM.202/5/12/DJPD/2017 tertangal 26 Januari 2016.

UMKM Pemula Akan Diberi Pelatihan

Dinas Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah Kota Palembang akan memberikan pelatihan dan pendampingan bagi pengusaha pemula. “Tujuannya agar usaha kecil dan menengah (UMKM) pemula bisa berdaya saing,” ujar Kardiman, Sekretaris Dinas itu, Jumat (27/1/2017) di ruang kerjanya. Ia menerangkan, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Provinsi, agar jika menggelar pelatihan, juga mengikutsertakan UMKM pemula.

Wawako Fitrianti Ajak Jemaah Lebih Tingkatkan Ketakwaan

Ratusan ibu-ibu mengikuti pengjian Raudhatunnisa, di Masjid Muslim, Jalan Lebak Rejo, Kelurahan Sekip Jaya, Kecamatan Kemuning, Sabtu (28/1/2017). Pengajian ini dihadiri oleh Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda. Mengenakan gamis putih, dipadu jilbab putih, Fitrianti disambut hangat para jamaah. Dengan santun, Finda panggilan akrabnya menyapa jamaah.

Kalau Idak Pacak Bersihke Jangan Ngotori Jadilah

Wali Kota Palembang Harnojoyo, didampingi Wakil Wali Kota Fitrianti Agustinda, meresmikan Paguyuban Sopir Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Palembang. Acara yang berlangsung di halaman kantor dinas tersebut, Kamis (26/1/2017) sekaligus jadi ajang silaturahmi wali kota dan wakil wali kota dengan keluarga besar petugas kebersihan.

Serap Aspirasi, Camat Sukarami Kunjungi Warga

Bersilaturahmi secara bergilir ke Rukun Warga (RW) dan Rukun Tetangga (RT) di seluruh kelurahan di wilayahnya, jadi salah satu aktivitas Camat Sukarami dan jajarannya. “Dengan silaturahmi, kita bisa mengetahui aspirasi masyarakat, mendengarkan keluhan mereka, sekaligus menyosialisasikan program-program pemerintah,” ujar Camat Sukarami, Guruh Agung Putra Jaya, saat dibincangi, Rabu (25/1/2017) di ruang kerjanya.

Wawako Sidak Mie Produk Luar

Inpeksi mendadak (sidak) gabungan yang langsung dikomandoi Fitri (sapaan akrba)nya ini, Selasa (23/1/2017), mendapati adanya beberapa produk makanan seperti mie instan yang diproduksi dari negara Korea dan Cina yang ternyata tidak memiliki label halal yang dipajang bersebelahan dengan makanan sejenis dan merupakan produk lokal yamg sudah bersertifikat halal dari MUI.

Kementerian Perhubungan beri bantuan bus untuk Kota Palembang

Bantuan bus dari Kementerian Perhubungan untuk Kota Palembang total ada 39 bus dari 40 bus yang direncanakan. “Satu bus dibatalkan untuk Palembang, karena harus dikirim ke Bangka Belitung,” ujar Direktur Utama PT Sarana Pembangunan Palembang Jaya (SP2J), Ahmad Nopan, Jumat (6/1/2017). Sebelumnya, Nopan menyebutkan bahwa Kementerian Perhubungan akan memberikan 40 bus untuk Palembang angkutan Transmusi.

Pengukuhan RT/RW, Harnojoyo Beri Doorprize Spesial

Wali Kota Palembang Harnojoyo mengukuhkan 370 ketua RT dan 80 Ketua RW se-Kecamatan Ilir Timur II. Pengukuhan dipusatkan di Gedung Serba Guna Ajendam II Sriwijaya, Kelurahan 2 Ilir, Rabu (4/1/2017). Hadiri dalam acara ini, para kepala SKPD, camat, lurah, Kapolsek, Danramil, tokoh masyarakat di kecamatan tersebut.

1.211 Pejabat Eselon IV Pemkot Palembang di Lantik

Wali Kota Palembang Harnojoyo melantik dan mengukuhkan pejabat eselon IV di lingkungan Pemerintah Kota Palembang, di Aula SMK Negeri 2, Selasa (3/1/2017) malam. Hadir dalam pelantikan ini, antara lain Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda, Sekretaris Daerah Harobin Mastofa, para asisten, staf ahli, dan kepala SKPD di Pemkot Palembang.

Sekda Sidak SKPD, Pegawai Harus Disiplin!

Sekretaris Daerah Kota Palembang Harobin Mastofa, Selasa (3/1/2017) menginspeksi mendadak sejumlah satuan kerja perangkat daerah (SKPD) usai libur Tahun Baru 2017. Turut mendampingi Harobin, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sulaiman Amin, Staf Ahli Wali Kota Bidang Pemerintahan, Sosial dan Kemasyarakatan, Rubinsi.

Wawako Himbau kembali Pedagang BJ Bawah Ampera

PALEMBANG –Banyaknya Pedagang Baju bekas ( BJ ) yang tak teratur dihalaman pelataran Pasar 16 Ilir dan Pasar 10 Ulu menyita perhatian Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda untuk terjun langsung memantau dan menghimbau para pedagang yang belum tertib. Senin (28/11/2016) usai menghadiri groundbreaking pembangunan Tugu Belido di pelataran plaza Benteng Kuto Besak, Finda (panggilan akrabnya) menyempatkan menyapa pedagang pakaian bekas tersebut.

Harnojoyo : Tahun Depan sudah harus ada Amfibi

PALEMBANG - Walikota Palembang H. Harnojoyo menghimbau agar anak sungai yang telah dibersihkan tidak kembali kotor seperti pertama saat melakukan aksi bersih-bersih sungai yang telah dicanangkannya sejak satun tahun lalu agar tetap bersih dan indah dipandang. Selain itu kita harus menjaga komitemen bersama agar tetap menjaga kebersihan anak sungai.

Banyak Tumpukan Sampah di Sungai Taligawe

Aksi gotong royong yang digalakan Walikota Palembang H.Harnojoyo Minggu (2/10/2016) di kawasan Kelurahan 1 Ulu Kecamatan Ilir Timur (IT) II menjadi gotong royong yang terberat. Pasalnya, orang nomor satu di Kota Palembang ini harus menyusuri jalan jalan 1 Km dibelakang rumah warga yang langsung membelakangi anak Sungai Musi yakni Sungai Taligawe.

PEMKOT PALEMBANG BUDAYAKAN MASYARAKAT GEMAR MEMBACA AL-QURAN

Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kota Palembang tahun 2016 resmi digelar. Bertindak sebagai tuan rumah Kecamatan Plaju. Bertempat di Lapangan Aneka Komperta Kecamatan Plaju MTQ tingkat Kota Palembang resmi dibuka oleh Walikota Palembang, H. Harnojoyo, Senin (29/2).

PALEMBANG WUJUDKAN PERCEPATAN PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR

Palembang - Musyawarah rencana pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) Kota Palembang resmi digelar, bertempat di Ruang rapat parameswara Musrenbang dibuka langsung oleh Walikota Palembang, H. Harnojoyo, dihadiri oleh Jajaran FKPD, SKPD Kota Palembang, Bappeda Provinsi Sumatera Selatan, Bappeda Kota Palembang dan melibatkan tokoh dan perwakilan masyarakat Kota Palembang, Kamis (17/3).

KELURAHAN BUKIT SANGKAL, SIAP MENANGKAN LOMBA KELURAHAN TINGKAT KOTA PALEMBANG

Kalidoni ( 14/03) Kelurahan Bukit Sangkal menjadi perwakilan dari Kecamatan Kalidoni dalam lomba Kelurahan tingkat Kota Palembang yg diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Palembang melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (BPMK) Kota Palembang. Persiapan matang telah dilakukan oleh Kelurahan Bukit Sangkal sejak jauh-jauh hari untuk menghadapi lomba ini dengan harapan Bukit Sangkal dapst menjadi Kelurahan terbaik di Kota Palembang.